//

ANALISIS PERBANDINGAN GEN MATK, RBCL DAN KOMBINASI MATK+RBCL SEBAGAI BARCODE TUMBUHAN DIKOTIL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Intan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Identifikasi organisme dan taxonomi yang pada awalnya hanya berdasarkan karakter morfologi saat ini telah berkembang kearah molecular taxonomy, dimana pengelompokan dilakukan berdasarkan kemiripan gen yang dimiliki organisme. Metode ini dikenal sebagai DNA barcoding, yaitu metode yang mengambil gen dengan karakteristik tertentu yang digunakan sebagai ¬¬barcode. Untuk kelompok hewan, gen mitokondria COI telah ditetapkan sebagai barcode universal bagi semua kelompok hewan sedangkan untuk tumbuhan saat ini kandidat barcode yang sedang diteliti adalah gen kloroplas, khususnya gen matK dan rbcL. Namun, barcode yang telah ada saat ini tidak bisa dipakai bagi tumbuhan secara universal, karena adanya keragaman yang sangat tinggi pada tumbuhan. Penelitian ini ditujukan untuk membandingkan kandidat yang paling layak diantara gen kloroplas matK, rbcL dan gabungan keduanya untuk menjadi barcode tumbuhan dikotil. Setiap gen dinilai dengan tiga parameter, yaitu intra- dan inter-spesific divergences, GC-content dan DNA polymorphism. Wilcoxon signed-rank test juga dilakukan untuk melihat kandidat mana yang memiliki mean intra- dan inter-spesific divergences tertinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa matK paling layak menjadi barcode tumbuhan dikotil. matK memiliki distribusi intra- dan inter-spesific divergences serta DNA polymorphism paling tinggi sedangkan persentase GC-content¬-nya paling rendah dibandingkan rbcL dan matK+rbcL

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN DNA KLOROPLAS UNTUK MENGIDENTIFIKASI TUMBUHAN HUTAN RAWA GAMBUT TRIPA (Nurur Rahmy, 2018)

PERANCANGAN APLIKASI ANALISIS BARCODING GAP GEN MATK DAN RBCL DARI TUMBUHAN MONOKOTIL DAN DIKOTIL (Nanda Rizki Ibrahim, 2016)

ANALISIS FILOGENETIK BERDASARKAN GEN RBCL DAN GEN MATK PADA SUKU DIPTEROCARPACEAE DI STASIUN PENELITIAN KETAMBE, TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER, ACEH TENGGARA (Nir Fathiya, 2018)

PERANCANGAN APLIKASI KUNCI IDENTIFIKASI MOLEKULER TRIBE SHOREAE (DIPTEROCARPACEAE) BERDASARKAN CPDNA MATK (Aisyah Humaira, 2018)

ANALISIS DAN REKONSTRUKSI POHON FILOGENETIK BERDASARKAN GENOM NUKLEUS DAN KLOROPLAS PADA FAMILIA DIPTEROCARPACEAE (Audina Yoeliarniza, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy