//

PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRI DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DALAM PENCAPAIAN HASIL PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPN 2 KUTA BARO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Masyhur Azka - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian yang bejudul “Perbandingan Penggunaan Metode Pembelajaran Inquiry dengan Metode Pembelajaran Discovery dalam Pencapaian Hasil Pembelajaran Fisika di SMPN 2 Kuta Baro”, dengan masalah apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran inkuiri lebih baik dari metode pembelajaran discovery dalam Pencapaian Hasil Pembelajaran Fisika di SMPN 2 Kuta Baro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri dan dan metode pembelajaran discovery terhadap pokok bahasan pemantulan cahaya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Baro. Adapun yang menjadi hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa terhadap pokok bahasan pemantulan cahaya lebih baik jika diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran discovery pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kuta Baro. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan pengolahan data menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil pengolahan data didapat thitung = -1,48 dan ttabel dengan taraf signifikan  = 0,05, dk = 44 diperoleh t(0,95) (44) = 2,02 sehingga thitung< ttabel ini berarti t berada pada daerah terima Ho dan Ha ditolak pada taraf nyata 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan terhadap hasil belajar siswa antara metode pembelajaran inkuiri dengan metode pembelajaran discovery. Kata Kunci: Metode Inkuiri, Metode Discovery, Hasil Belajar

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA MTSN KUTA BARO (HERLI, 2013)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (TI ASMAK, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RNTAKE AND GIVE PADA MATERI FUNGSI DI KELAS VIIIRN SMP NEGERI 1 KUTA BARO (MAYSARAH FITRI, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF (COLLABORATIVE LEARNING) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUTA BARO ACEH BESAR (Masyithah Dahliani, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE OPEN ENDED DAN TIPE PAIR CHECKS SISWA KELAS VII SMPN 2 KUTA BARO ACEH BESAR (Muhammad Zubaili, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy