//

KESENJANGAN KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI NELAYAN DI DESA LHOK PAWOH KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nasrul Zulmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Zulmi, Nasrul. 2012. Kesenjangan Kehidupan Nelayan di Desa Lhok Pawoh Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra.Musfiana, MM., (2) Zulfadhli, S.Pd M.Pd M.Si Kata Kunci : Kesenjangan, Kehidupan, Nelayan , Masyarakat. Dalam kehidupan interaksi bersama anggota masyarakat sangatlah penting mengingat selaku makhluk sosial manusia tidak bisa hidup secara sendiri tanpa berdampingan dengan orang lain. Dalam hal ini nelayan hidup bersama masyarakat denganlatar belakang yang berbeda pastimenimbulkan hal berbeda dalam hidupnya. Secara khusu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesenjangan kehidupan nelayan di Desa Lhok Pawoh Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari instansi gampong dan nelayan awak bot di desa penelitian di lakukan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Dimana dalam pengumpulan data ini peneliti tidak langsung ikut menjadi nelayan awak bot dan ikut melaut,tetapi dalam penelitian ini peneliti melakukan pengamatan dimana ditemukan nelayan maka disitu peneliti memanfatkan kesempatan tersebut untuk meminta sedikit waktu kepada nelayan untuk menjadi responden dalam penelitian ini berdasarkan teknik sampel yang digunakan adalah insidental sampling. Data yang telah diperoleh dalam wawancara tersebut direkam dan disimpan oleh peneliti beserta dengan photo peneliti bersama nelayan yang sudah ikut membantu menjadi responden dalam hal ini. Kemudian data tersebut di reduksi guna mendapatkan penggolongan dan pengarahan untuk hasil penelitian yang diharapkan dan membuang data yang tidak perlukan kemudian disajikan data tersebut sebelum dilakukan penarikan kesimpulan berdasarkan hasil penelitian. Dari hasil penelitian diketahui terdapat kesenjangan pendidikan berdasarakan PP Nomor 47 tahun 2008, kesenjangan umur berdasarkan UU Ketenagakerjaan, pendapatan terjadi kesenjangan berdasarkan Pergub Aceh tahun 2015 tentang UMP Aceh tahun 2016, kemudian jumlah tanggungan dimana Indonesia menggalakkan program KB dua anak lebih baik meskipun banyak mendapatkan tanggapan berbagai macam dari berbagai kalangan masyarakat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI INSEKTA HAMA PADA POHON PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT) DI KAWASAN LHOK PAWOH KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (Syarifah Rahma, 2018)

KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN DESA PASAR LAMA, KECAMATAN LABUHAN HAJI, KABUPATEN ACEH SELATAN (2004-2014) (Yuwi Sillya, 2016)

PEMANFAATAN DANA DESA DALAM PENGEMBANGAN BUMG DI KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (Herlisma, 2018)

KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI PETANI PALA DI DESA LHOK BENGKUANG KECAMATAN TAPAKTUAN, ACEH SELATAN (1984-2013) (Almunawir, 2018)

PERANAN PANGLIMA LAOT LHOK DALAM PENGELOLAAN SUMBERDAYA LAUT BERBASIS ADAT DI KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (ZAITUN MUNAR, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy