//

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA IBU DAN ANAK DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SMA NEGERI 1 SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Winda Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Hubungan Komunikasi Interpersonal antara Ibu dan Anak dengan Motivasi Belajar Siswa Pada SMA Negeri 1 Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal antara ibu dan anak dengan motivasi belajar siswa pada SMA Negeri 1 Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Teori yang digunakan adalah teori S O-R, dimana komunikasi interpersonal sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar sehingga dapat menimbulkan efek yang terarah, segera d an langsung terhadap komunikan(siswa). Pengumpulandata dilakukan dengan teknik angket (kuesioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Populasi seluruh siswa di SMA Negeri 1 Samatiga Kabupaten Aceh Barat, dengan jumlah siswa seluruhnya sebanyak 280 orang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 74 orang dengan menggunakan teknik random sampling.Komunikasi Interpersonal dapat juga terjalin dalam sebuah keluarga yang melibatkan orang tua dan anak, motivasi belajar seorang anak yang mendapat perhatian dari orang tua lebih baik dengan prestasi anak yang kurang mendapat perhatian orang tua, maka dalam hal ini komunikasi interpersonal dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa yang lebih bagus. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel komunikasi interpersonal menandakan hubungan yang rendah terhadap motivasi belajar siswa pada SMA Negeri 1 Samatiga Kabupaten Aceh Barat yaitu sebesar 0,05%. Berdasarkan hasil uji thitung sebesar 3.886 dan t tabel sebesar 1,665, ini berarti t hitung > ttabel dengan nilai signifikansi (α) sebesar 0,000 (kurang dari 0,05) maka Hi diterima. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa komunikasi interpersonal antara ibu dan anak memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada SMA Negeri 1 Samatiga kabupaten Aceh Barat, khususnya siswa mempunyai motivasi minat untuk sukses dimasa yang akan datang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin bagus komunikasi interpersonal antara ibu dan anak, maka akan s emakin meningkat pula motivasi belajar siswa. Kata Kunci:Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ORANG TUA DAN ANAK DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK (SUATU STUDI DI SD NEGERI LAMREH ACEH BESAR) (Afnul Gunawan, 2014)

KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Firdaus, 2018)

KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA (SUATU PENELITIAN PADA SD NEGERI SIMPANG KEURAMAT KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR) (Ikhlas Maulidan, 2014)

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BUTAR ACEH SINGKIL (Lukman, 2018)

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MEMOTIVASI DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI TERHADAP SISWA SD NEGERI 5 BANDA ACEH) (YUNDA SUFNI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy