//

DAMPAK TEMPAT PELELANGAN IKAN DESA LAMPULO TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG IKAN ECERAN PASAR PEUNAYONG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desi Arianti - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Tempat Pelelangan Ikan, Pendapatan, Pedagang Ikan Eceran. Penelitian ini berjudul “Dampak Tempat Pelelangan Ikan Desa Lampulo Terhadap Pendapatan Pedagang Ikan Eceran Pasar Peunayong Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak tempat pelelangan ikan Desa Lampulo terhadap pendapatan pedagang ikan eceran Pasar Peunayong Banda Aceh. Adapun anggapan dasar dalam penelitian ini adalah lokasi usaha berperan penting terhadap tinggi rendahnya pendapatan pedagang eceran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pedagang ikan eceran Pasar Peunayong yang berjumlah 231 orang dengan penentuan responden sebanyak 7 orang, sedangkan objek penelitian adalah Pasar Peunayong Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik kepustakaan dan lapangan (observasi, wawancara, dan dokumentasi), sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan fakta-fakta yang terjadi pada daerah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPI Desa Lampulo memberikan dampak positif berupa kemudahan kepada para pedagang ikan eceran untuk memperoleh ikan dengan harga murah dan adil karena penjualan ikan di TPI dilakukan secara terbuka di hadapan umum melalui proses pelelangan, sedangkan dampak negatif berupa munculnya banyak pedagang ikan yang berjualan secara eceran di TPI. Hal tersebut mengakibatkan pendapatan pedagang ikan eceran Pasar Peunayong menurun. Adapun research problem yang dapat digunakan bagi peneliti selanjutnya yaitu tentang bagaimana peran pemerintah dalam merealisasikan perelokasian kebijakan TPI. Penulis menyarankan research problem tersebut dengan harapan penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI MIKROBIOLOGI IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) YANG DIDISTRIBUSIKAN DI TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) LAMPULO DAN OLEH PEDAGANG IKAN KELILING (PIK) DI KOTA BANDA ACEH (Ryansyah Putra Affandi, 2016)

TINGKAT KESAMAAN SPESIES IKAN DI PASAR IKAN SINABANG, PANTE TEUNGOH SIGLI, DAN PASAR IKAN PEUNAYONG BANDA ACEH PROVINSI ACEH (Taufiq Hidayatsyah, 2013)

PERBANDINGAN TINGKAT KESEJAHTERAAN PEDAGANG DAGING AYAM POTONG DAN IKAN DI PASAR PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (Dimifta Hulriza, 2014)

STUDI KOMPARATIF PENDAPATAN USAHA ABON IKAN DAN USAHA IKAN KAYU CHIP DI DESA LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (NAZILLA ULFA, 2016)

IDENTIFIKASI PARASIT PADA IKAN TENGGIRI (SCOMBERRO SPP) DI TPI LAMPULO KOTA BANDA ACEH (Alamsyah Harahap, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy