//

IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DI LINGKUNGAN KERJA PABRIK (PLAN SITE) PT. ARUN NATURAL GAS LIQUEFACTION COMPANY LHOKSEUMAWE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mirza Syahputra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul Iklim Komunikasi Organisasi di Lingkungan Kerja Pabrik (Plan Site) PT. Arun Natural Gas Liquefaction Company Lhokseumawe. Permasalahan dalam penelitian ini dilandasi oleh keadaan PT. Arun yang sedang menjalani masa peralihan manajemen dan juga fungsi perusahaan yang secara umum merubah iklim komunikasi organisasi mereka berbeda dari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengidentifikasi faktor iklim komunikasi organisasi yang terdapat di lokasi kerja pabrik (plan site) PT. Arun. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori iklim komunikasi organisasi W Charles Redding, karena teori tersebut dapat membantu dalam memahami bagaimana iklim komunikasi organisasi di lingkungan kerja pabrik (plan site) PT. Arun. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Dalam subjek penelitian ini, terdapat 8 informan dari masing-masing bagian kerja yang terdapat pada lokasi pabrik (plan site) PT. Arun. Metode pengambilan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim komunikasi organisasi secara umum berjalan baik dan kondusif, hal ini karena terpenuhinya nilai-nilai yang diungkapkan oleh Redding dan menjadi tolak ukur dalam penelitian ini yaitu, dukungan, partisipasi dalam membuat keputusan, kepercayaan, keterbukaan dan keterusterangan, serta tujuan kinerja yang tinggi. Selanjutnya terdapat 4 faktor menurut Pace dan Faules yang mempengaruhi iklim komunikasi organisasi yang dalam penelitian ini terjadi di lingkungan kerja pabrik (plan site) PT. Arun. Faktor-faktor seperti anggota organisasi, pekerjaan organisasi dan struktur organisasi yang terdapat di lokasi pabrik PT. Arun berpengaruh positif terhadap iklim komunikasi yang sudah ada. Hanya satu faktor yang berdampak negatif yaitu faktor pedoman organisasi. Hal ini teridentifikasi ketika memasuki masa transisi, pedoman organisasi yang meliputi cita-cita, misi, tujuan, strategi, kebijakan, prosedur dan aturan pada perusahaan menjadi tidak jelas karena terjadinya negosiasi panjang dan perbedaan pandangan dan kepentingan antara kedua perusahaan pemilik saham PT. Arun (Pertamina dan Exxon Mobil) mengenai masa depan perusahaan dan karyawan PT. Arun yang berdampak kepada terganggunya suasana para karyawan dalam bekerja menjadi kurang nyaman. Kata kunci: Iklim Komunikasi, Komunikasi Organisasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INVENTARISASI JENIS TUMBUHAN BERPOTENSI INVASIF DI PERUMAHAN PT. ARUN NATURAL GAS LIQUEFACTION (NGL), LHOKSEUMAWE (Susi Riana, 2014)

PENGARUH ROTASI KERJA, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, IKLIM ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA (ASN)BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KABUPATEN ACEH TIMUR. (T. MUYAZIR, 2018)

HUBUNGAN IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DENGAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI DI KANTOR BAPPEDA PROVINSI ACEH (DEFRI FAHRIZA, 2014)

PENGARUH IKLIM ORGANISASI, KOMUNIKASI RNDAN KOMPENSASI TERHADAP MOTIVASI KERJA RNSERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA KARYAWAN LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK (LPP) TELEVISI RNREPUBLIK INDONESIA (TVRI) STASIUN ACEH (CUT NURMARITA, 2014)

PENGARUH DUKUNGAN ORGANISASI, KEPUASAN KERJA DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA ANGGOTA KEPOLISIAN PADA SEKOLAH POLISI NEGARA POLDA ACEH (ZULKARNAINI, S.SOS, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy