//

PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN SINDROM KORONER AKUT TIPE STEMI DAN NSTEMI/UAP DI RSUDZA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Raisa Arliza Azhar Putri - Personal Name
SubjectANXIETY DISORDERS - MEDICINE
CORONARY HEART DISEASE - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Sindrom koroner akut merupakan penyakit jantung nomor satu penyebab kematian terbesar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Perubahan yang diakibatkan oleh sindrom koroner akut baik tipe STEMI dan NSTEMI/UAP tidak hanya dalam aspek fisiologis, namun juga aspek psikologis berupa peningkatan kecemasan pada penderitanya. Peningkatan kecemasan ini umumnya tidak terdiagnosis oleh dokter dan dapat memberikan efek negatif pada hasil penyakit jantung serta perburukan prognosis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan pada pasien sindrom koroner akut tipe STEMI dan NSTEMI/UAP di RSUDZA Banda Aceh. Penelitian ini bersifat analitik dengan rancangan potong lintang. Penelitian dilakukan di ruang rawat penyakit jantung Geulima II RSUDZA Banda Aceh sejak bulan September hingga Desember 2013. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien yang mengalami sindrom koroner akut baik tipe STEMI dan NSTEMI/UAP di RSUDZA Banda Aceh. Sampel berjumlah 72 orang, yaitu sebanyak 36 untuk masing-masing kelompok STEMI dan NSTEMI/UAP. Pengambilan sampel dengan teknik concecutive sampling dan menggunakan kuisioner DASS untuk pengukuran tingkat kecemasannya. Analisa data menggunakan uji chi-square didapatkan hasil pada kelompok STEMI 50,0% pasiennya berada pada tingkat kecemasan berat dan sangat berat, serta pada kelompok NSTEMI/UAP tingkat kecemasan sedang menempati posisi tertinggi dengan presentase 44,4%, dimana nilai p>0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara tingkat kecemasan pasien sindrom koroner akut tipe STEMI dan NSTEMI/UAP. Kata kunci: sindrom koroner akut, STEMI, NSTEMI, UAP, tingkat kecemasan, kuisioner DASS

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN SINDROM KORONER AKUT TIPE STEMI DAN NSTEMI/UAP DI RSUDZA (Raisa Arliza Azhar Putri, 2016)

PERBANDINGAN KUALITAS HIDUP PASIEN RIWAYAT SINDROM KORONER AKUT DENGAN ST ELEVASI (STEMI) DAN SINDROM KORONER AKUT TANPA ST ELEVASI (NSTEMI DAN ANGINA PEKTORIS TIDAK STABIL) DI RSUDZA (Asti Uki Utari, 2016)

PERBANDINGAN KUALITAS HIDUP PASIEN RIWAYAT SINDROM KORONER AKUT DENGAN ST ELEVASI(STEMI)DAN SINDROM KORONER AKUT TANPA ST ELEVASI (NSTEMI DAN ANGINA PEKTORIS TIDAK STABIL) DI RSUDZA (Asti Uki Utari, 2014)

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN SINDROM KORONER AKUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NURUL AMALIA RUSANTY, 2016)

MODIFIKASI MODEL SUSCEPTIBLE-EXPOSED-INFECTED (SEI) UNTUK PEMODELAN PENYAKIT JANTUNG KORONER (Wardatul Jannah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy