//

EFEK EKSTRAK DAUN NIMBA (AZADIRACHTA INDICA) TERHADAP KUANTITAS DAN KUALITAS SPERMATOZOA TIKUS WISTAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hafizh Arief - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perkembangan mengenai kontrasepsi pria masih sangat lambat dan tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan. Seiring dengan tingginya minat pria untuk ikut serta dalam program pengontrolan kelahiran maka dilakukan penelitian untuk mencari kontrasepsi pria yang aman, efektif, murah, dan reversibel. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai efek ekstrak daun nimba (Azadirachta indica) terhadap kuantitas dan kualitas spermatozoa tikus Wistar, variabel eksperimen yang paling dipengaruhi oleh ekstrak daun nimba, dan dosis pemberian ekstrak daun nimba yang paling efektif dalam menurunkan kuantitas dan kualitas spermatozoa tikus Wistar. 25 ekor tikus Wistar jantan dibagi dalam 1 kelompok kontrol dan 4 kelompok perlakuan. Kelompok kontrol hanya diberikan air dan masing-masing kelompok perlakuan mendapat ekstrak daun nimba sebanyak 50mg/kg berat badan, 100mg/kg berat badan, 150mg/kg berat badan, dan 200mg/kg berat badan peroral perhari selama 30 hari. Spermatozoa tikus Wistar diambil dari vas deferens dengan cara membedah tikus. Pembedahan tikus dan evaluasi spermatozoa dilakukan pada hari ke-31. Evaluasi spermatozoa dilakukan terhadap konsentrasi, motilitas, viabilitas, dan persentase abnormalitas morfologi. Analisis data dilakukan pada interval kepercayaan sebesar 95%. Evaluasi spermatozoa menunjukkan adanya penurunan yang signifikan terhadap konsentrasi (p = 0,032) dan motilitas (p < 0,001) spermatozoa tikus Wistar kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Analisis data hasil evaluasi viabilitas dan persentase abnormalitas morfologi spermatozoa tidak menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara tikus Wistar pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Dosis yang paling efektif menurunkan kuantitas dan kualitas spermatozoa tikus Wistar adalah 200mg/kg berat badan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak daun nimba dapat menurunkan konsentrasi dan motilitas spermatozoa tikus Wistar. Kata kunci: Nimba, Azadirachta indica, kontrasepsi pria, kuantitas dan kualitas spermatozoa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEK EKSTRAK DAUN NIMBA (AZADIRACHTA INDICA) TERHADAP KUANTITAS DAN KUALITAS SPERMATOZOA TIKUS WISTAR (Hafizh Arief, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN NIMBA (AZADIRACHTA INDICA A.JUSS) TERHADAP HISTOPATOLOGI TUBULUS SEMINIFERUS TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (Dewi Ardiyanti Dalimunthe, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN NIMBA (AZADIRACHTA INDICA A.JUSS) TERHADAP HISTOPATOLOGI GINJAL TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN NIMBA (AZADIRACHTA INDICA A.JUSS) TERHADAP HISTOPATOLOGI GINJAL TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN NIMBA (AZADIRACHTA INDICA A.JUSS) TERHADAP HISTOPATOLOGI GINJAL TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (Adriani. H, 2016)

ISOLASI SENYAWA AKTIF ANTIFEEDANT DAUN NIMBA (AZADIRACHTA INDICA A. JUSS) DAN AKTIVITASNYA TERHADAP ULAT HONGKONG (TENEBRIO MOLITOR) (RIDHA KURNIATI, 2018)

PENGARUH EKSTRAK DAUN BELUNTAS (PLUCHEA INDICA LESS.) TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA (MOTILITAS DAN VIABILITAS) TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (Dedi Trisasongko, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy