//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMPN 7 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Winda Fahrunnisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Model pembelajaran, Card Sort, hasil belajar, IPS Terpadu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa tindakan, yang sengaja dimunculkan dan dalam kelas. Model pembelajaran Card Sort adalah suatu cara teknik mengajar yang diterapkan secara kolaboratif untuk membelajarkan salah satu konsep,karakteristik,klasifikasi,fakta tentang obyek atau mencari informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Peningkatan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII-4 SMP Negeri 7 Banda Aceh, aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran mencerminkan keterlaksanaan model pembelajaran Card Sort, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran Card Sort dan respon siswa kelas VII-4 SMP Negeri 7 Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 7 Banda Aceh yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan: Tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru mengelola pembelajaran dan angket respon siswa menggunakan model pembelajaran Card Sort. Analisis data menggunakan statistik sederhana yaitu persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan secara individual meningkat dari 75% menjadi 93,7% siswa yang tuntas belajar, persentase ketuntasan klasikal pun meningkat dari 60% menjadi 90%. Aktivitas guru dan siswa antara siklus I sampai siklus III telah mencerminkan penerapan model pembelajaran Card Sort. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Card Sort meningkat dari perolehan skor rata-rata 2,09 dengan katagori sedang menjadi 3,1 dengan katagori baik dan respon siswa terhadap model pembelajaran Card Sort dapat dikatakan baik. 94 persen dari 32 siswa berpendapat bahwa dengan belajar melalui model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi potensi sumber daya alam.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN TEKNIK PEMBELAJARAN FISH BOWL DAN TEKNIK PEMBELAJARAN CARD SORT PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Indah Faras Fita Naldi, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Nurafifah Mutia Sari, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII MTSN 4 RUKOH BANDA ACEH (Khairana Zuhra, 2018)

PENGGUNAAN CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN PENYAJIAN DATA DI KELAS VII SMP NEGERI 13 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Lainufar, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (mirna, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy