//

PENERAPAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKANAN ZAT CAIR PADA SISWA MTSN KUTA BARO ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muliza Syahwal Fitriani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Pendekatan keterampilan proses sains (KPS), dan hasil belajar Rendahnya hasil belajar siswa dalam memahami materi ajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya cara guru dalam menyampaikannya belum meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, serta respon siswa terhadap penerapan pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 MTsN Kuta Baro tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 siswa. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif, data diolah menggunakan statistik dan dinarasikan. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data penelitian yaitu tes, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelolaan pembelajaran, dan lembar respon siswa terhadap kegiatan PBM dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses sains (KPS). Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, (2) terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dari kategori sedang menjadi sangat baik, (3) persentase ketuntasan individual secara keseluruhan meningkat dari siklus 1 sampai siklus 4 yaitu 70%, 80%, 85%, dan 95% dan persentase ketuntasan klasikal secara keseluruhan juga meningkat yaitu 60%, 70%, 80,82%, dan 88,89% (4) respon siswa cenderung positif dimana 100% siswa menyatakan senang terhadap penggunaan penerapan keterampilan proses sains (KPS) dalam pembelajaran. Berhubung pendekatan keterampilan proses sains (KPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Tekanan Zat Cair dan Penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, maka disarankan kepada peneliti yang lain untuk melakukan penelitian lebih lanjut yang lebih baik dan kreatif sehingga dapat membuat siswa lebih menyukai pelajaran di sekolah, terutama pelajaran fisika.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS VIII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (fitri raudhah, 2014)

PENERAPAN EKSPLORATORY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MAN 1 ACEH SELATAN (Nurul Fitriana, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA MTSN KUTA BARO (HERLI, 2013)

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DI MTSN KUTA BARO (Masykur, 2017)

PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI MTSN RUKOH KOTA BANDA ACEH (Wahyu Rizki, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy