//

Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Bilangan Desimal Siswa Kelas VII SMP TNA Fatih Bilingual School

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang dessy amalia - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : bilangan desimal, pendekatan kontekstual, pemecahan masalah matematis Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang memegang peranan penting dalam pendidikan. Namun sampai saat ini hasil belajar matematika siswa khususnya dalam menyelesaikan masalah matematis belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal ini disebabkan karena pembelajaran matematika yang seringkali dihadapkan pada materi abstrak dan diluar pengalaman sehari-hari khususnya pada materi bilangan desimal, sehingga pembelajaran dengan pendekatan kontekstual merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengaitkan materi pelajaran yang diterima siswa dengan kehidupannya didunia nyata. Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika khususnya dalam menyelesaikan masalah matematis. Penelitian yang berjudul “Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Bilangan Desimal Siswa Kelas VII SMP TNA Fatih Bilingual School” ini mengangkat masalah apakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi bilangan desimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam penyelesaian masalah matematis pada materi bilangan desimal melalui pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di SMP TNA Fatih Bilingual School. Pemilihan sampel dengan teknik sampel acak. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan teknik analisis data dengan gain score. Berdasarkan data rata-rata nilai pretest dan posttest siswa yang telah dianalisis diperoleh bahwa sampel gain bernilai 0,35 atau dalam kategori 0,3≤g

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (Muhsin, 2014)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKSPONEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) DI KELAS VII SMP FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH (Dovran Abdyrahmanov, 2014)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI SMA TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH (CUT YUNI NURUL HAJJINA, 2013)

PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN DESIMAL SISWA SEKOLAH DASAR (Erna Wirda, 2015)

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUIPENDEKATAN METAKOGNITIF (Ainuna Fasha, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy