//

HUBUNGAN PERILAKU KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN KEHILANGAN GIGI PADA WARGA KOMPLEK DESA PANTERIEK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang eka pratiwi emka - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Eka Pratiwi Emka Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Judul : Hubungan Perilaku Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Kehilangan Gigi pada Warga Komplek Desa Panteriek Pada rongga mulut terdapat gigi geligi, gingiva, lidah, saliva, mikroorganisme serta komponen lainnya yang membantu pencernaan makanan di dalam mulut. Akumulasi plak yang berkepanjangan yang terdiri dari mikroorganisme dan sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut. Karies dan penyakit periodontal merupakan penyakit gigi dan mulut yang paling sering menyebabkan kehilangan gigi. Sumber penyakit tersebut akibat perilaku kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku kesehatan gigi dan mulut dengan kehilangan gigi pada warga komplek desa Panteriek. Jenis penelitian ini adalah analitik non eksperimental dengan desain penelitian cross sectional. Metode pengambilan subjek dilakukan dengan teknik probability sampling secara random sampling. Subjek penelitian berjumlah 97 orang yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuisioner perilaku kesehatan gigi dan mulut dan pemeriksaan jumlah gigi yang hilang. Hasil analisis menggunakan uji Chi-square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara perilaku kesehatan gigi dan mulut dengan kehilangan gigi pada warga komplek desa Panteriek (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU RUMAH TANGGA TERHADAP KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK BALITA DI DESA LIMPOK ACEH BESAR (Afrindah Sari, 2014)

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU MEMELIHARA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUTPADA PASIEN DI POLI GIGI PUSKESMASKUTA MALAKA ACEH BESAR (MUHAMMAD, 2014)

PERBANDINGAN TINGKAT PENGETAHUAN SISWA/I PROGRAM AKSELERASI DAN REGULER TENTANG PENYEBAB DAN DAMPAK KEHILANGAN GIGI (STUDI PADA REMAJA USIA 15-17 TAHUN DI SMAN 3 KOTA BANDA ACEH DAN SMAN MODAL BANGSA ACEH BESAR) (RIO RASUL ADMIRAL, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAMPAK MEROKOK TERHADAP KESEHATAN RONGGA MULUT DENGAN STATUS KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT (REMAJA DESA COT MESJID KECAMATAN LUENG BATA KOTA BANDA ACEH) (Cut Marisa Diba, 2016)

PERILAKU LANSIA DALAM MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (ZURIFIRNA AYUNIARA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy