//

PERANCANGAN ALARM CLOCK DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR TEKANAN (STRAIN GAUGE) BERBASIS ARDUINO UNO R3

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Deni Rahmat - Personal Name

Abstrak/Catatan

Prinsip dasar alarm clock sebagai pengingat dan “memaksa” pengguna untuk terjaga pada waktu yang sudah ditentukan. Untuk memaksimalkan fungsi alarm clock perlu ditambahkan fitur- fitur lain sebagai penunjang alarm clock sehingga bunyi alarm clock akan berhenti hanya jika pengguna meninggalkan tempat tidurnya. Pada proyek akhir berhasil dirancang sebuah alarm clock dengan menggunakan sensor berat (strain gauge) berbasis Arduino UNO R3 dan menampilkan jam alarm di display TFT. Rancangan rangkaian ini menggunakan komponen-komponen elektronika yaitu empat Load cell berfungsi sebagai sensor berat yang dapat menghasilkan sinyal analog untuk mengetahui berapa besar beban yang diberikan ke kasur, Arduino uno R3 yang berfungsi sebagai ADC dan memogramkan display TFT untuk dapat menampilkan jam yang diambil data jam dari module DS 1302 serta memogramkan sinyal load cell untuk dapat menyalurkan dan memutuskan arus apabila beban yang dibaca sudah mencapai standar berat beban yang ditentukan, IC INA125 berfungsi sebagai OP-AMP, TFT untuk menampilkan jam alarm dan buzzer sebagai pengingat bahwa alarm sudah menunjukkan waktu yang sudah ditentukan. Empat Load cell diletakkan di bawah kasur dengan jarak setiap load cell 24 cm x 32 cm dan diprogramkan oleh arduino untuk dapat membaca sinyal sensor. Apabila sinyal yang dikeluarkan melebihi standar berat beban yang ditentukan, maka akan menyambung arus ke buzzer dan apabila kurang dari standar berat beban yang ditentukan arduino akan memutuskan arus ke buzzer atau dianggap tidak mempunyai beban.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN ALAT PENDETEKSI KEBOCORAN TABUNG GAS LIQUIEFED PETROLEUM GAS (LPG) BERBASIS MIKROKONTROLER PROYEK AKHIR (Is Armuna, 2016)

PERANCANGAN NEEDLE PROBE BERBASIS ARDUINO UNO (Ria Afziani Syafira, 2017)

PERANCANGAN ALAT PENDETEKSI KEBOCORAN GAS LPG MENGGUNAKAN SENSOR TGS 2610 (Amalia Irma, 2016)

PROTOTYPE BUKA TUTUP PINTU OTOMATIS BERBASIS ARDUINO UNO DAN SENSOR ULTRASONIK (Yudi Yunanda, 2017)

RANCANGAN INSTRUMEN ALARM KEBAKARAN (FIRE ALARM SYSTEM) PADA SUATU BANGUNAN (Romy Dharmawan, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy