//

HUBUNGAN TINGKAT KONTROL ASMA DENGAN DERAJAT BERAT ASMA PADA PASIEN ASMA RAWAT JALAN DI POLI PARU RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IDA MULYANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak Latar Belakang : Asma merupakan salah satu gangguan saluran pernapasan yang mengganggu dan banyak terjadi di seluruh dunia. Penderita asma setiap tahun mengalami peningkatan. Beberapa faktor seperti lingkungan, genetik, dan merokok dapat membuat asma menjadi semakin berat dan mempengaruhi kualitas hidup pasien asma itu sendiri, untuk itu diperlukan pengontrolan asma oleh pasien asma. Pengontrolan asma dapat mempengaruhi derajat beratnya asma. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kontrol asma dengan derajat berat asma. Metode : Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analitik cross-sectional yang dilakukan dari bulan Juli – Agustus 2013 di Poli Paru Rumah Sakit Umum Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh terhadap 50 responden, untuk mengukur tingkat control asma digunakan kuisioner Asthma Control Test dan untuk mengukur derajat berat asma digunakan alat spirometry. Analisis : Analisis dilakukan dengan menggunakan uji Chi-Square dengan CI 95% dan α = 0,05 Hasil : Sebanyak 34,8% pasien asma yang terkontrol sebagian mengalami derajat asma intermiten, 26,1% mengalami derajat asma persisten ringan, 26,1% mengalami derajat berat asma persisten sedang dan sebanyak 13,0% mengalami derajat asma persisten berat sedangkan pada pasien asma yang tidak terkontrol sebanyak 48,1% mengalami derajat asma persisten berat, 22,2% mengalami derajat asma persisten sedang, 18,5% mengalami derajat asma persisten ringan dan 11,1% mengalami derajat asma intermiten dengan p value 0,039. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara tingkat kontrol asma dengan derajat berat asma di Poli Paru RSUDZA Banda Aceh. Kata Kunci : Asma, Tingkat Kontrol Asma, Derajat Berat Asma.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT KONTROL ASMA DENGAN DERAJAT BERAT ASMA PADA PASIEN ASMA RAWAT JALAN DI POLI PARU RSUDZA BANDA ACEH (IDA MULYANI, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN ASMA DENGAN DERAJAT ASMA DAN TINGKAT KONTROL ASMA DI POLIKLINIK PARU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Zabit waladi, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN ASMA DENGAN DERAJAT ASMA DAN TINGKAT KONTROL ASMA DI POLIKLINIK PARU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Zabit Waladi, 2016)

HUBUNGAN DERAJAT BERAT ASMA DAN TINGKAT KONTROL ASMA TERHADAP KUALITAS HIDUP PASIEN ASMA BRONKIAL DI RSUDZA BANDA ACEH (Rizti Aqli, 2015)

HUBUNGAN KEPATUHAN PENGOBATAN DENGAN TINGKAT KONTROL ASMA PADA PASIEN ASMA PERSISTEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK PARU RSUDZA BANDA ACEH (Sylvia Heriana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy