//

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN IBU DAN JUMLAH ANAK DENGAN STATUS IMUNISASI DASAR DI PUSKESMAS JAYA BARU BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Annisa Soraya Putri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Imunisasi adalah salah satu bentuk intervensi kesehatan yang sangat efektif dalam melaksanakan Sistem Kesehatan Nasional (SKN) sebagai upaya menurunkan angka kematian bayi dan balita. Secara global 2-3 juta kematian pertahunnya dapat dicegah melalui imunisasi. Masih ada sekitar 22 juta bayi di seluruh dunia yang belum mendapat imunisasi lengkap. Beberapa faktor yang mempengaruhi status imunisasi diantaranya adalah tingkat pendidikan ibu, pengetahuan ibu dan jumlah anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan, pengetahuan ibu dan jumlah anak dengan status imunisasi dasar di Puskesmas Jaya Baru Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan desain Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan pada 30 September sampai 30 November 2013 dengan 60 responden yaitu ibu yang memiliki anak usia 9 – 36 bulan. Analisis yang digunakan adalah uji Chi Square. Hasil uji menunjukkan tidak terdapat hubungan antara tingkat pendidikan ibu dengan status imunisasi dasar (p value= 0,464; p> 0,05). Terdapat hubungan antara pengetahuan ibu dengan status imunisasi dasar (p value= 0,031; p0,05). Kesimpulan pada penelitian ini adalah pengetahuan ibu berhubungan terhadap status imunisasi dasar. Sedangkan pendidikan ibu dan jumlah anak tidak berhubungan terhadap status imunisasi dasar di Puskesmas Jaya Baru Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN IBU DAN JUMLAH ANAK DENGAN STATUS IMUNISASI DASAR DI PUSKESMAS JAYA BARU BANDA ACEH (Annisa Soraya Putri, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PENDIDIKAN ORANGTUA DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI LANJUTAN PADA ANAK SD NEGERI 24 BANDA ACEH (SHELLA JOBIWARMA CHANIAGO, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASIRNDASAR DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASARRNPADA BALITA DI WILAYAH KECAMATANRNDARUSSALAM ACEH BESARRNTAHUN 2014 (Anggun Fantaria, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PEKERJAAN IBU TERHADAP PEMBERIAN IMUNISASI HEPATITIS B0 DI POSYANDU PUSKESMAS JAYA BARU BANDA ACEH (HABIBATURRAHMI, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PENDIDIKAN TERHADAP CAKUPAN IMUNISASI DASAR PADA BALITA DIDESA COT KARIENG KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR (zamzami saputra, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy