//

HUBUNGAN USIA TERHADAP NILAI SPIROMETRI PADA PASIEN GAGAL JANTUNG KONGESTIF YANG DIRAWAT DI POLIKLINIK JANTUNG BLUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE FEBRUARI-MARET 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Farhan Marzuki - Personal Name

Abstrak/Catatan

Gagal jantung kongestif adalah sindrom dengan gambaran klinis yang kompleks dengan gejala khas seperti sesak dan lelah yang dapat muncul baik ketika istirahat maupun saat aktifitas, dan ditandai dengan bukti obyektif dari kelainan struktural yang mendasari atau disfungsi jantung yang mengganggu kemampuan ventrikel untuk mengisi dengan atau mengeluarkan darah. Di Indonesia penderita gagal jantung selalu terjadi peningkatan kejadian tiap tahun, dan angka kematian yang disebabkan oleh gagal jantung mencapai 40%. Gagal jantung kongestif bukan hanya berefek terhadap keadaan jantung saja melainkan ke organ Paru. Pada umumnya kemampuan hasil fungsi Paru memiliki hubungan dengan usia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara usia dengan nilai spirometri pada penderita gagal jantung kongestif di BLUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode quota sampling. Penelitian dilakukan akhir Januari sampai awal pertengahan Maret dilakukan terhadap 33 sampel dan dianalisis dengan uji alternatif Fisher test. Hasil analisa didapatkan p value 1,000;p>0,05. Kesimpulan dari penelitian ini tidak didapatkan hubungan antara usia dengan nilai spirometri pada penderita gagal jantung.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2016 (RINA RISMAYA, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN DIET PASIEN GAGAL JANTUNG KONGESTIF DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (ULPANA, 2018)

DEMOGRAFI USIA, JENIS KELAMIN, DAN KLINIS TEKANAN DARAH PASIEN GAGAL JANTUNG SISTOLIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (LIYA HARNINGSIH, 2016)

GAMBARAN DISRITMIA PASIEN GAGAL JANTUNG KONGESTIF DI RSUDZA BANDA ACEH (Ledi Iksarina, 2018)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PERAWATAN ULANG PASIEN GAGAL JANTUNG DI RUANG RAWAT ICCU DAN RUANG RAWAT JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2015 (INDA LESTARI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy