//

TREND PEMAKAIAN HIJAB IBU-IBU DI PUSAT PERBELANJAAN KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Luzi Lustia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Luzi Lustia. 2016. Trend Pemakaian Hijab Ibu-ibu di Pusat Perbelanjaan Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Fikriah Noer, M.Pd., (2) Dra. Rosmala Dewi, M.Pd. Kata Kunci : Trend, Pemakaian Hijab, Ibu-ibu. Berpenampilan yang indah merupakan salah satu kegemaran seorang wanita, sebagai wanita muslim wajib untuk berbusana muslimah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetehui bagaimana cara berhijab wanita muslim di Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) Mengetahui model hijab yang digunakan oleh ibu-ibu di pusat perbelanjaan Kota Banda Aceh, (2) Mengetahui bahan hijab yang disukai ibu-ibu pada kesempatan berbelanja, dan (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi ibu-ibu dalam pemakaian hijab. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria ibu-ibu usia produktif 25-45 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan obsevasi, wawancara, dokumentasi dan studi keperpustakaan. Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Pertama, Model hijab yang digunakan ibu-ibu di pusat perbelanjaan Kota Banda Aceh: (1) Model hijab yang dipakai tidak menutupi bahagian dada dengan sempurna (2) Pada dasarnya responden mengetahui bahwa model hijab yang dipakai bukanlah kriteria hijab yang syar’i, namun responden menyukai model hijab yang tidak syar’i tersebut karena ingin tampil cantik dan menarik. Kedua, Bahan hijab yang disukai ibu-ibu saat berbelanja (1) Bahan hijab yang digunakan responden merupakan bahan yang sedang ngetrend saat ini seperti chiffon, katun, ceruty, dan jersey. Dan yang ketiga faktor-faktor yang mempengaruhi ibu-ibu dalam pemakaian hijab (1) Pemakaian hijab yang tidak syar’i karena dipengaruhi trend mode yang sedang berkembang. Dapat disimpulkan bahwa responden mengetahui hijab syar’i namun mengabaikannya. Sebaiknya dalam mengikuti trend mode yang sedang popular, tetap menyesuaikan dengan norma agama, lingkungan, dan memperhatikan etika dan estetika yang sesuai dengan kaidah Islam. Sebagai wanita muslim tetap harus bijaksana untuk memilah-milah dalam menentukan sesuatu, dalam hal ini tentang gaya berhijab yang sedang popular saat ini.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS DETERMINAN HARGA TANAH DI SEKITAR PUSAT PERBELANJAAN DI KOTA BANDA ACEH (Balqis Yusuf, 2015)

PUSAT PERBELANJAAN DI KOTA LHOKSEUMAWE (Qory Nabela, 2016)

PUSAT PERBELANJAAN DI BANDA ACEH (TEMA : ARSITEKTUR FUNGSIONAL) (Alfian Suri, 2017)

PENGARUH KEINOVATIFAN KONSUMEN, KETERLIBATAN FASHION, DAN KEBUTUHAN AKAN KEUNIKAN TERHADAP KEINGINAN UNTUK ADOPSI FASHION HIJAB DAN DAMPAKNYA TERHADAP AKTUAL ADOPSI FASHION HIJAB DI KOTA BANDA ACEH (CUT LANA KAUSARI, 2016)

PENGARUH RELIGIUSITAS DAN NORMA SUBYEKTIF TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN HIJAB YANG DIMEDIASI OLEH KETERLIBATAN PAKAIAN HIJAB (STUDI KASUS KOTA BANDA ACEH) (Muhammad Ikhsan Ariansyah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy