//

PERBEDAAN INDEKS PLAK SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR DENGAN OBAT KUMUR KOMBINASI MINYAK ESENSIAL DAN TEH HIJAU (KAJIAN PADA SISWA(I) SMAN 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yuslina Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama :Yuslina Sari Program Studi :Kedokteran Gigi Judul :Perbedaan Indeks Plak Sebelum dan Sesudah Berkumur dengan Obat kumur Kombinasi Minyak Esensial dan Teh Hijau (Kajian pada Siswa(i) SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh) Plak merupakan struktur berwarna kuning keabu -abuan mengandung bakteri yang menempel pada permukaan gigi . Akumulasi plak dapat dicegah dengan kontrol plak. Kontrol plak dapat dilakukan secara mekanis yaitu dengan menyikat gigi dan secara kimia dengan berkumur menggunakan obat kumur seperti obat kumur kombinasi minyak esensial dan teh hijau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan indeks plak sebelum dan sesudah berkumur dengan obat kumur kombinasi minyak esensial dan teh hijau. Penelitian ini adalah penel itian eksperimental klinis. Subjek penelitian sebanyak 24 siswa(i) SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh yang sesuai dengan kriteria inklusi. Pada hari pertama penelitian dilakukan pemeriksaan indeks plak, lalu subjek berkumur dengan obat kumur kombinasi minyak esensial dan teh hijau selama tiga hari. Pada hari ketiga, subjek kembali diperiksa indeks plak. Data dianalisis menggunakan uji t berpasangan. Hasil analisis statistik menunjukkan perbedaan penurunan indeks plak yang signifikan (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN SKOR PLAK SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR DENGAN LARUTAN MADU ASLI TONGRA 5% (KAJIAN MAHASISWA/I FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNSYIAH) (Vivi Alviana, 2017)

PERBEDAAN SKOR PLAK SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR AIR GARAM HANGAT 1,2% PADA MAHASISWA PRODI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Sri Wulandari, 2015)

PERBEDAAN LAJU ALIRAN SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR DENGAN OBAT KUMUR BERALKOHOL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2011-2013 (shiami ramadhana, 2014)

PERBANDINGAN EFEKTIVITAS BERKUMUR DENGAN KLORHEKSIDIN 0,12% DAN AIR GARAM HANGAT 1,2% TERHADAP PENURUNAN PERDARAHAN GINGIVA (KAJIAN PADA MAHASISWA PRODI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (NOVI RAIHANI, 2015)

PENGARUH BERKUMUR AIR GARAM HANGAT 1,2 % TERHADAP PENURUNAN PERDARAHAN GINGIVA (KAJIAN PADA MAHASISWA PRODI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (INDAH KASWARA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy