//

KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PEKERJAAN PEMBANGUNAN BENDUNGAN KRUENG KEUREUTO DI KABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Helmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja adalah salah satu bentuk upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat serta bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat mencegah ataupun mengurangi dari pada kecelakaan kerja. Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui tingkat kesadaran dan pemahaman terhadap program keselamatan dan kesehatan kerja, 2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan 3) Untuk mengetahui apa saja jenis risiko kecelakaan kerja yang terjadi di lokasi proyek. Ruang lingkup penelitian ini dibatasi pada kajian keselamatan dan kesehatan kerja yang diterapkan pada pekerjaan pembangunan bendungan krueng keuruetodi kabupaten Aceh Utara. Penelitian dilaksanakan dengan penyebaran kuesioner kepada 65 responden yang terlibat langsung dalam pekerjaan bendungan ini. Pengolahan data dilakukan dengan analisis frekuensi dan relative importance index (RII). Objek penelitian adalah Direktur Perusahaan; Project Manager; Pelaksana Lapangan; Pengawas Lapangan dan para Pekerja / operator alat berat yang terlibat pada pekerjaan Pembangunan Bendungan Krueng Keureuto Di Kabupaten Aceh Utara. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan, maka telah di dapat hasil penelitian sesuai tujuan penelitian yaitu: tingkat kesadaran dan pemahaman terhadap elemen-elemen program keselamatan dan kesehatan kerja ”Penyediaan kotak pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) ditempat kerja” menempati bobot paling tinggi yaitu: 4.86, Untuk pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja “Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) yang menjadi keharusan dikalangan pekerja” dengan bobot 4.79, jenis risiko kecelakaan kerja yang paling sering terjadi adalah “iritasi pada mata saat pengangkutan tanah” dengan bobot 2.19 sedangkan jenis risiko kecelakaan kerja yang jarang terjadi adalah “kecelakaan akibat opersional alat berat” dengan bobot 1.89. Kata Kunci : keselamatan dan kesehatan kerja, bendungan krueng keureuto.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PENELUSURAN BANJIR (FLOOD ROUTING) TERHADAP KAPASITAS TAMPUNGAN SUNGAI DI HILIR WADUK KEUREUTO KABUPATEN ACEH UTARA (Rais Buldan, 2016)

KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PELAKSANAAN PERKUATAN TEBING SUNGAI RNDI PROVINSI ACEH (HASANUDIN, 2014)

ANALISIS KESELAMATAN PEKERJAAN MELALUI METODE JOB SAFETY ANALYSIS PADA KEGIATAN TAMBANG TRADISIONAL GUNONG UJEUN – ACEH JAYA (Misbahani, 2018)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN ACEH UTARA (WR.HAMZATIL ADLI, 2014)

STUDI TINGKAT RISIKO DALAM PERSPEKTIF KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PELAKSANAAN PROYEK (STUDI KASUS: PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT KAJIAN DAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN APARATUR IV (PKP2A IV) LAN-ACEH) (Mardha Tillah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy