//

DESAIN SISTEM PERLINDUNGAN KOROSI IMPRESSED CURRENT CATHODIC PROTECTION (ICCP) PADA PIPA PENYALUR GAS MILIK PT PERTAMINA GAS NORTHERN SUMATERA AREA (NSA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang rahus reza - Personal Name

Abstrak/Catatan

DESAIN SISTEM PERLINDUNGAN KOROSI IMPRESSED CURRENT CATHODIC PROTECTION (ICCP) PADA PIPA PENYALUR GAS MILIK PT PERTAMINA GAS NORTHERN SUMATERA AREA (NSA) RAHUS REZA 1304002010031 JALAN TGK. SYECH ABDUL RAUF NO. 7 DARUSSALAM - BANDA ACEH 23111 Email : rahusreza_dlm@gmail.com ABSTRAK Korosi merupakan salah satu permasalahan yang penting yang harus dihadapi oleh berbagai macam sektor industri di Indonesia. Wilayah Indonesia sebagian besar merupakan perairan dan memiliki banyak struktur atau konstruksi dari bahan logam, terutama besi atau baja. Korosi pada dasarnya tidak dapat dihilangkan sama sekali. akan tetapi dengan kemajuan ilmu teknologi, proses korosi dapat dikendalikan sampai pada titik minimum yang dilakukan berdasarkan proses terjadinya. Salah satu pengendalian untuk sistem perpipaan bawah tanah adalah proteksi katodik. Sistem proteksi katodik adalah suatu cara ataupun metode yang digunakan untuk mengurangi kerusakan logam besi dan baja. Salah satu cara untuk memperlambat laju korosi dengan menggunakan metode Impressed Current Cathodic Protection (ICCP). PT Pertamina Gas yang berlokasi di Pangkalan Brandan mensuplai gas ke PGN di Wampu sepanjang 51.600 meter dengan menggunakan pipa baja dengan material API-5L X42 (Ø 12,750 inch). Kemudian diadakan perhitungan ulang kembali desain ICCP maka diperoleh: Luas area yang diproteksi 52498,086 m2, arus proteksi yang diperlukan 26,24 ampere, jumlah anode yang diperlukan 8 unit, galvanic anode life 49 years, dan tahanan anode 32,92 ohm. Kata Kunci : Pipa baja, Korosi, Desain ICCP, Proteksi Katodik

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI EFEKTIVITAS PROTEKSI KATODIK PADA PIPA GAS MILIK PT. PERTAMINA GAS EASTERN JAVA AREA JAWA TIMUR (DODI KASANOVA, 2018)

“INSPEKSI PIPA GAS BAWAH TANAH MENGGUNAKAN INTELLIGENT PIG” (FARHAN HELMI, 2018)

PENGGUNAAN ECONOMIZER SEBAGAI INSTRUMENT PENDUKUNG DALAM PEMANASAN AIR PADA PROSES KERJA BOILER (Lia Amsarina, 2016)

STUDI SETTING RELAY ARUS LEBIH TRANSFORMATOR 60 MVA PADA PENYULANG GH LUENG BATA (INDAH VELINDA, 2018)

SIMULASI EFEKTIVITAS ANODA GALVANIK PADA SISTEM PROTEKSI KATODIK BETON BERTULANG MENGGUNAKAN BEM-3D (Muzaiyin Arika Putra, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy