//

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI MURDER PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lilis Pusvita Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Strategi MURDER, Persamaan Garis Lurus, Hasil Belajar Persamaan garis lurus merupakan materi matematika yang diajarkan di kelas VIII SMP semester ganjil dan sangat penting untuk dipelajari karena banyak konstribusi yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran yang berlangsung selama ini cenderung membuat siswa kurang aktif dan tidak ada keseriusan belajar. Pembelajaran dapat efektif apabila melakukan aktivitas diantaranya memberikan motivasi, membaca, bertanya, menjawab, berdiskusi, mengerjakan tugas, presentasi dan mengaitkan dengan kehidupan. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk pembelajaran yang lebih efektif adalah strategi MURDER. Strategi MURDER memiliki tahap pembelajaran yang sangat baik, yaitu mood, understand, recall, digest, expand, review. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh melalui strategi MURDER. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan jenis pendekatan Pre-test and Post-test Group. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 121 siswa, sedangkan sampel dari penelitian ini siswa kelas VIII-1 sebanyak 28 siswa yang dipilih secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, dengan memberikan pre-test sebelum memulai pelajaran dan memberikan post-test kepada siswa setelah pembelajaran berakhir. Uji yang digunakan adalah uji satu pihak, yaitu uji pihak kanan pada taraf α=0,05. Dengan menggunakan rumus uji-t menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan belajar pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh. Adapun pengolahan data dengan menggunakan Gain diperoleh 26 siswa berkategori tinggi dan 2 siswa berkategori sedang, sehingga menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa yang diperoleh dari hasil pre-test dan post-test.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ELLA SEPTIANA, 2015)

PENERAPAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH. (Lissa Tiffadhiah H, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Asra Wastawa Asha, 2016)

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI KELAS VIII SMP NEGERI 13 BANDA ACEH (YENNY JUWITA, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STADRNPADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP RNPOS KEADILAN PEDULI UMAT (PKPU) TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Said Suhardinsyah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy