//

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang lisa turrahmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Penerapan, Pendekatan Saintifik, Keliling dan Luas Lingkaran. Penelitian yang berjudul “Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Materi Keliling Dan Luas Lingkaran Pada Subtema Komponen Ekosistem di Kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh” ini mengangkat masalah Bagaimana ketuntasan belajar peserta didik dan aktivitas peserta didik di kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh pada materi keliling dan luas lingkaran setelah diajarkan dengan menerapkan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dan aktivitas peserta didik melalui penerapan pendekatan saintifik pada materi keliling dan luas lingkaran pada Subtema Komponen Ekosistem di kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas Va SD Negeri 5 Banda Aceh yang berjumlah 33 peserta didik yang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, dan tes hasil belajar. Metode pengolahan data dilakukan dengan menganalisis ketuntasan belajar peserta didik dan aktivitas peserta didik. Hasil dari menganalisis menunjukkan bahwa ketuntasan peserta didik secara klasikal dikatakan tuntas karena persentase ketuntasan peserta didik mencapai 87,88%, artinya dari 33 peserta didik sebanyak 29 peserta didik yang tuntas belajar dan 4 peserta didik yang tidak tuntas, dan aktivitas peserta didik pada setiap kali pertemuan dikatakan mencapai keberhasilan karena rata-rata dari aktivitasnya sudah mencapai cukup aktif dan aktif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM KELAS V SDN 29 BANDA ACEH (Ayu Makfirah, 2017)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERISTATISTIKADI KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Rifka Nadia, 2016)

KETERAMPILAN SISWA DALAM MENULIS LAPORAN PRAKTIKUM PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI 50 BANDA ACEH (Khusniati, 2017)

PENERAPAN METODE DISCOVERY PADA MATERI LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG PADA SUBTEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD RNNEGERI LAMKRAK ACEH BESAR (JARIYANTI, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN LHOKSEUMULU ACEH BESAR (NUZUL KURYANI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy