//

PENERAPAN METODE DISCOVERY PADA MATERI SUDUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SD NEGERI 49 KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yulia Elfridha Yanty Siregar - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Discovery, Sudut Penelitian berjudul Penerapan Metode Discovery Pada Materi Sudut Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas III SD Negeri 49 Kota Banda Aceh ini mengangkat permasalahan, apakah siswa mencapai ketuntasan hasil belajar dengan penerapan metode Discovery pada materi sudut yang terdiri dari jenis-jenis sudut, mengukur sudut dengan satuan tidak baku, dan melukis sudut di kelas III SD Negeri 49 Kota Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa dengan penerapan metode Discovery pada materi sudut yang terdiri dari jenis-jenis sudut, mengukur sudut dengan satuan tidak baku, dan melukis sudut di kelas III SD Negeri 49 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yaitu, eksperimen semu atau One- Shot Case Study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 49 Kota Banda Aceh yang berjumlah 25 Orang. Seluruh siswa tersebut juga ditetapkan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes akhir yang diberikan setelah selesai menerapkan metode Discovery. Dari hasil pengolahan data didapatkan thitung = 2,73 dan ttabel = 1,71. Karena 2,73  1,71 maka thitung ttabel sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima, dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode Discovery pada materi sudut yang terdiri dari jenis-jenis sudut, mengukur sudut dengan satuan tidak baku, dan melukis sudut di kelas III SD Negeri 49 Kota Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENEREPAN METODE DISCOVERY PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS III SD NEGERI 50 BANDA ACEH (Nurullita, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DISCOVERY DALAM MATERI SIMETRI LIPAT DAN SIMETRI PUTAR DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (Nuri Maulida, 2014)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (muthmainnah, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Isra Wulan Sari, 2016)

PENERAPAN METODE DISCOVERY PADA MATERI LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG PADA SUBTEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD RNNEGERI LAMKRAK ACEH BESAR (JARIYANTI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy