//

Hubungan Pengetahuan, Sikap dan perilaku Masyarakat terhadap Kejadian demam berdarah Dengue di Desa lampulo, Kecamatan Kuta alam kota banda aceh tahun 2011

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Liza Muknisa - Personal Name
SubjectDENGUE HEMORRHAGIC FEVER - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat terpenting di Indonesia dan sering menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) dengan kematian yang besar. Pengetahuan masyarakat tentang penyakit DBD memungkinkan timbulnya sikap dan perilaku masyarakat terkait pencegahan yang diharapkan dapat menurunkan kasus dan angka kematian akibat penyakit DBD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat terhadap kejadian DBD di Desa Lampulo, Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh tahun 2011. Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sebanyak 93 responden di wawancara menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Hasil penelitian di analisa menggunakan uji chi square. Dari hasil penelitian didapatkan informasi bahwa angka kejadian responden yang pernah DBD sebanyak 21 responden (22,6%) dan yang tidak pernah DBD sebanyak 72 responden (77,4%). Analisa hubungan antara pengetahuan masyarakat terhadap kejadian DBD didapatkan bahwa ada hubungan dengan 2hitung(6,78)>2tabel(5,99), sedangkan antara sikap terhadap kejadian DBD didapatkan bahwa tidak ada hubungan dengan 2hitung(0,597)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP TINDAKAN PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN BAITURRAHMAN (Azka Muda Adri, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI DESA LAMPULO, KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH TAHUN 2011 (Liza Muknisa, 2013)

PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN IBU-IBU RUMAH TANGGA PADA SAAT PRA BENCANA WABAH PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE DI KOTA BANDA ACEH (NELLY SUSANTY, 2018)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, PENDIDIKANDAN SIKAP DENGAN PARTISIPASI IBU RUMAH TANGGA DALAM PENCEGAHAN WABAH DBD DI KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH (AYONG LIZA, 2016)

PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TENTANG DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI KECAMATAN ULEE KARENG (Hendra Rizqa, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy