//

ANALISA PERANGKAP STRATIGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN DATA SEISMIK 3D DAN DATA SUMUR DI LAPANGAN F3 BELANDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ulul Azmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Lapangan F3 merupakan lapangan migas yang termasuk dalam cekungan laut utara (North Sea Basin) tepatnya di sektor laut utara Negara Belanda. Data seismik yang tersedia merupakan unit pengendapan yang terbentuk pada Zaman Kuarter hingga Tersier dengan kedalaman mencapai 1800 ms (Opendtect.org). Salah satu fitur yang paling menarik dari data ini yaitu unit pengendapan yang berbentuk sigmoidal clinoform yang prograding ke arah barat. Bentuk sigmoidal clinoform ini menjadi target dalam penelitian ini untuk melihat potensi perangkap stratigrafi yang terbentuk. Data seismik tersebut dapat membantu dalam pengkajian geologi khususnya stratigrafi bawah permukaan melalui pendekatan stratigrafi seismik. Stratigrafi seismik merupakan penafsiran stratigrafi dari data seismik (Vail & Mitchum, 1997 dalam Sukmono, 1999) yang mana didalamnya terdapat pembahasan mengenai sikuen seismik dan fasies pengendapan. Dalam menganalisa perangkap stratigrafi yang terbentuk maka telah dilakukan interpretasi data log khususnya dalam penelitian ini digunakan log gamma ray dan porosity yang dikombinasikan dengan data seismik guna melihat penyebaran lapisan batuan reservoar dan batuan penutup. Berdasarkan hasil interpretasi data sumur berupa gamma ray dan porosity maka potensi pemerangkapan hidrokarbon pada penelitian ini yaitu berupa Perangkap stratigrafi pinch out pada zona 1 yaitu karena lapisan reservoar (batupasir) terjadinya penipisan di bagian timur dan ditutupi oleh lapisan penyekat (batuserpih). Kata Kunci : Seismik Stratigrafi, Perangkap Stratigrafi, Lingkungan pengendapan delta, Interpretasi Data Log.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SEBARAN BATUPASIR UNTUK KARAKTERISASI RESERVOIR PADA ZONA UNCONFORMITY DENGAN DATA SEISMIK 3D DAN DATA LOG DI LAPANGAN F3 BELANDA (HELMI MOEJAHID R, 2017)

PEMODELAN NILAI KECEPATAN PADA KONVERSI KEDALAMAN UNTUK PERBANDINGAN PERHITUNGAN CADANGAN HIDROCARBON DI LAPANGAN LAUT UTARA BLOK F3 BELANDA (Rizni wahyuni, 2016)

DRY HOLE ANALYSIS PADA LAPANGAN PENOBSCOT, NOVA SCOTIA, KANADA DENGAN MENGGUNAKAN DATA SUMUR DAN DATA SEISMIK YANG TERINTEGRASI DENGAN PETROLEUM SYSTEM (Al Muyasir, 2016)

KARAKTERISASI RESERVOIR MENGGUNAKAN INVERSI SEISMIK UNTUK MENENTUKAN PENYEBARAN POROSITAS DI LAPANGAN HIDROKARBON “ RIYAN “, BLOCK A, ACEH TIMUR (Riyan Mudastsir, 2016)

PEMETAAN MODEL BAWAH PERMUKAAN TERINTEGRASI DENGAN MENGGUNAKAN DATA LOG DAN DATA SEISMIK UNTUK MELIHAT PENYEBARAN BATUPASIR DI LAPANGAN “MH29” DAERAH NETHERLANDS OFFSHORE BLOCK (Riski Andrian, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy