//

KONTRIBUSI PANJANG EXTREMITAS SUPERIOR DAN KELENTUKAN TOGOK TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS BOLA VOLI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2012 TAHUN AKADEMIK 2014/2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizal Saputra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci : panjang extremitas superior , kelentukan togok dan kemampuan servis bola voli Penelitian yang berjudul “Kontribusi Panjang Extremitas Superior Dan Kelentukan Togok Terhadap Kemampuan Servis Bola Voli Pada Mahasiswa Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2012 Tahun Akademik 2014/2015”. Bola Voli merupakan cabang olahraga yang dalam pencapaian prestasinya dipengaruhi oleh komponen kondisi fisik adalah kelentukan (fleksibility). Ini mengangkat masalah bagaimanakah kontribusi antara Panjang Extremitas Superior Dan Kelentukan Togok Terhadap Kemampuan Servis Bola Voli Pada Mahasiswa Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2012 Tahun Akademik 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi panjang extremitas superior dan kelentukan togok terhadap kemampuan servis bola voli pada mahasiswa program studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2012 yang menjadi sampel berjumlah 30 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes lapangan: (1) Pengukuran panjang extremits superior, (2) kelentukan togok (Bridge-Up Test), dan (3) kemampuan servis bola voli. Data diolah dengan menggunakan teknik statistik dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata (mean), standar deviasi (SD), penghitungan nilai korelasi ®, penghitungan nilai korelasi ganda (R), menghitung koefisien diterminasi dan pengujian signifikansi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: terdapat kontribusi yang signifikan antara panjang extremitas superior dan kelentukan togok terhadap kemampuan servis bola voli (R= 0,66), dengan demikian jelas bahwa Fhitung 10,40 lebih besar dari Ftabel 3,35. Maka dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi antara (X1) dan (X2) dengan (Y) berarti, maka hipotesis menyatakan terdapat kontribusi panjang extremitas superior dan kelentukan togok terhadap kemampuan servis bola voli pada mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala angkatan 2012 tahun akademik 2014/2015 dapat diterima kebenarannya. Disarankan kepada pelatih atau guru Penjasorkes diharapkan memilih atlet bola voli agar mempunyai panjang extremitas superiornya dan kelentukan togok yang baik, agar dapat menunjang prestasi atlet tersebut.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KELENTUKAN TOGOK DENGAN KEMAMPUAN SMASH BLA VOLI PADA MAHASISWA PENJASKESREG TAHUN 2013 (RUSLAN MELALA, 2015)

HUBUNGAN KELENTUKAN TOGOK DENGAN KEMAMPUAN RNSERVIS ATAS DALAM PERMAINAN BOLAVOLI RNPADA SMP NEGERI 2 SAWANGRNTAHUN PELAJARAN 2013/2014 (MUNZIR, 2014)

HUBUNGAN PANJANG LENGAN DAN KELENTUKAN DENGAN KEMAMPUAN SERVIS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA ATLET BINAAN MAN 3 BANDA ACEH TAHUN 2013 (DIDI RACHMADI, 2014)

KONTRIBUSI DAYA LEDAK OTOT LENGAN DAN KELENTUKAN TOGOK TERHADAP KEMAMPUAN TOLAK PELURU PADA MAHASISWA FKIP PENJASKESREK UNSYIAH ANGKATAN 2012 (IKRAMULLAH, 2016)

HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN LEMPAR LEMBING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2015 TAHUN AKADEMIK 2016/2017 (Muntailah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy