//

IDENTIFIKASI IKAN CHAETODONTIDAE DI PANTAI LHOK MEE KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang VINTON IANDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Identifikasi Ikan Chaetodontidae Di Pantai Lhok Mee Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar” telah dilakukan sejak September s.d November 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies Chaetodontidae yang terdapat di Pantai Lhok Mee Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Underwater Visual Census (UVC) dengan menarik transek sepanjang 180 m. Kawasan penelitian dibagi kedalam dua stasiun yaitu stasiun I dengan kedalaman 0-3 meter dan stasiun II dengan kedalaman 4-6 meter. Parameter yang diamati adalah Spesies Chaetodontidae, suhu, intensitas cahaya, salinitas, dan derajat keasaman. Identifikasi dilakukan dengan menggunakan referensi Setiawan (2010) dan Poernomo (2003). Hasil penelitian spesies yang ditemukan yaitu Chaetodon trifasciatus, Chaetodon meyeri, Chaetodon rafflesi, Chaetodon vagubundus, Chaetodon trifascialis, Chaetodon citrinellus, Chaetodon triangulum, Chaetodon collare, Chaetodon kleinii, Chaetodon guttatissimus, Heniochus monoceros, Chaetodon melanotus, Chaetodon falcula, dan Forcipiger longirostris. Chaetodontidae memiliki tubuh yang lebar dan pipih. Tubuhnya dihiasi dengan corak warna yang beragam dan memiliki mulut yang moncong, serta hidup pada Ekosistem Terumbu Karang dan merupakan pemangsa polip karang. Hasil Identifikasi menunjukkan jumlah Chaetodontidae yang ditemukan di Perairan Pantai Lhok Mee Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar adalah 14 spesies yang terdiri dalam 3 genus.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPADATAN POPULASI OPHIOCOMA SCOLOPENDRINA DI PANTAI LHOK MEE KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (maimun, 2017)

DOMINANSI GASTROPODA DITINJAU DARI VARIASI CANGKANG DI ZONA LITORAL PERAIRAN LHOK MEE PASIR PUTIH KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (suci rizki ananda, 2015)

INVENTARISASI IKAN YANG BERASOSIASI DENGAN TERUMBU KARANG DI PANTAI LHOK KRUET KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Pitri Hidayani, 2015)

STUDI TEMPORAL KOMUNITAS IKAN KARANG PADA PERAIRAN PANTAI KRUENG RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Siti Nur Fajri, 2017)

KEANEKARAGAMAN SPESIES TERUMBU KARANG (CORAL-REEF) DI KAWASAN PERAIRAN PANTAI LHOK KRUET KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (RIZKI IDASARI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy