//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitriani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) Menggunakan Metode Eksperimen pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di Kelas XI SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas dan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif TAI menggunakan metode eksperimen pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jenis pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan ragam penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IPA2 yang dipilih secara purposive sampling sebanyak 25 orang, terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 92,0% dengan kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada pertemuan ke-I, II dan III secara berturut-turut yaitu sebesar 85,7%; 90,0% dan 90,0% dengan kategori sangat baik. Persentase siswa yang memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI menggunakan metode eksperimen sebesar 97,3% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI menggunakan metode eksperimen pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan diperoleh hasil belajar siswa tuntas secara klasikal, aktivitas siswa dengan kategori sangat baik dan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI menggunakan metode eksperimen.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Sri Wahyuni, 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI PLANTAE (LUMUT) DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (NOVIANA, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM RNASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI PECAHANRNDI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEHRNTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ROZALIA, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMAN 6 BANDA ACEH (DYAH NURSINA, 2013)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI KARYA TARI NUSANTARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAMS ASSITED INDIVIDUALIZATION) DENGAN MODEL KONVENSIONAL DI SMPN 2 DARUL IMARAH ACEH BESAR (RITA ZAHARA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy