//

ANALISIS SALINITAS TANAH DAN AIR PADA AREAL MANGROVE DI GAMPONG LAMNGA DAN NEUHEN KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YENNI RUHAIMI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk menganalisis salinitas tanah dan air pada areal yang didominasi mangrove dan tanpa mangrove di Gampong Lamnga dan Neuhen. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling pada lokasi yang didominasi mangrove (M) dan tanpa mangrove (TM). Pada tiap lokasi, sampel tanah dan air diambil sebanyak lima titik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya hantar listrik (DHL) tanah tinggi (> 3 mS.cm-1) pada areal tanpa mangrove jarak 20 dan 40 meter di masing-masing gampong. Rasa air pada areal tanpa mangrove di Gampong Lamnga jarak 20 sampai 80 meter dan Gampong Neuhen dari jarak 20 sampai 60 meter adalah berasa. DHL air tinggi pada areal tanpa mangrove jarak 60 meter di Gampong Neuhen (10,42 mS.cm-1). Sodium absorption ratio (SAR) air pada areal tanpa mangrove jarak 20, 40 dan 60 meter di Gampong Lamnga tinggi menunjukkan kualitas air kurang baik (> 26). Arahan pencegahan lajunya intrusi air laut kearah daratan dapat diupayakan dengan penanaman mangrove di areal tanpa mangrove, sehingga bisa meningkatkan kualitas tanah dan air serta mengurangi salinitas pada areal tersebut. Kata Kunci : Salinitas, mangrove, intrusi air laut, kualitas tanah, kualitas air

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSPEK USAHA PEMBIBITAN TANAMAN MANGROVE DI DESA LAMNGA KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Hafiza Razita Kamisna, 2015)

PEMETAAN SEBARAN DAN LUASAN HUTAN MANGROVERNDI KECAMATAN LEUPUNG, KABUPATEN ACEH BESARRNDENGAN MENGGUNAKAN DATA CITRA LANDSAT 8 (PAWIT TRIMANTO, 2015)

ANALISIS SALINITAS AIR SUMUR DI DUSUN TEUBAREH, GAMPONG TEUBANG PHUI MESJID, MONTASIK, ACEH BESAR (MUSFIKA, 2015)

KEPADATAN POPULASI OPHIOCOMA SCOLOPENDRINA DI PANTAI LHOK MEE KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (maimun, 2017)

KEANEKARAGAMAN DAN KESAMAAN PLANKTON PADA EKOSISTEM MANGROVE PULO SAROK KECAMATAN SINGKIL, KABUPATEN ACEH SINGKIL (muhammad aidil, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy