//

SOSIALISASI PENDIDIKAN POLITIK MAHASISWA MELALUI ORGANISASI KEMAHASISWAAN (SUATU STUDI ORGANISASI INTRA KAMPUS UNSYIAH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ishani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : kegiatan Intra Kampus, Organisasi, dan Pendidikan Politik. Sosialisasi Pendidikan Politik Mahasiswamelalui Organisasi Kemahasiswaan (Suaru Studi Organisasi Intra Kampus Unsyiah) Latar belakang tujuan pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Rumusan masalah bagai mana pelaksanaan pendidikan politik mahasiswa melalui organisasi kemahasiswaa, bagaimana bentuk sosialisasi pendidikan politik mahasiswa melalui organisasi kemahasiswaan, apa saja kendala atau hambatan pelaksanaan sosialisasi pendidikan politik mahasiswa melalui organisasi kemahasiswaan. Dari hasil penelitian Organisasi kemahasiswaan sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa sehingga mahasiswa dapat menjadi pelaku politik yang diharapkan dapat menciptakan sistem politik yang baik. Berkaitan dengan hal tersebut penulis menetapkan permasalahan ”Bagaimana pelaksanaan, bentuk dan hambatan organisasi kemahasiswaan intra kampus Unsyiah sebagai sarana pendidikan politik bagi mahasiswa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sosialisasi pendidikan politik mahasiswa melalui organisasi kemahasiswaan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian diskriptif kualitatif yakni penelitian yang menghasilkan data diskriptif kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, lokasi penelitiannya dipusatkan di Kampus Unsyiah. Fokus penelitian dirumuskan kedalam 3 indikator yaitu (1) pelaksanaan sosialisasi pendidikan politik mahasiswa melalui organisasi intra kampus Unsyiah. (2) bentuk sosialisasi pendidikan mahasiswa melalui organisasi intra kampus Unsyiah. (3) hambatan organisasi sebagai sarana pendidikan politik. Metode yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peranan organisasi dalam memberikan pendidikan politik kepada kader dan mahasiswa dengan cara memberikan pemahaman politik kepada mahasiswa dan mengajak untuk aktif dalam kegiatan politik kampus dan tidak apatis terhadap aktivitas-aktivitas pergerakan mahasiswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN HIMPUNAN MAHASISWA SEJARAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (HIMAS FKIP UNSYIAH) 1969-2015 (Darkasyi, 2018)

PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA MAHASISWA YANG AKTIF DAN TIDAK AKTIF DALAM ORGANISASI KEMAHASISWAAN UNSYIAH (Debi Fujiantari, 2014)

PENGARUH KEAKTIFAN ORGANISASI MAHASISWA TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PRODI FISIKA FKIP UNSYIAH (MUHAMMAD HUSNI THAMRIN, 2014)

INTERAKSI SOSIAL ANTAR ORGANISASI KEMAHASISWAAN (ANALISIS TERHADAP INTERAKSI ANTARA BEM, HIMASIO, HIMAKASI DAN HIMAPOL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Defarul Andriansyah, 2015)

PENDIDIKAN POLITIK MAHASISWA MELALUI ORGANISASI KEMAHASISWAAN (SUATU PENELITIAN PADA PENGKADERAN DI ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (HMI) CABANG BANDA ACEH) (NADIA UTARI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy