//

PENERAPAN LEMBAR KEGIATANPESERTA DIDIK(LKPD) BERBASIS MISKONSEPSIUNTUK MEMPERBAIKI PEMAHAMAN KONSEP DAN MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mila Ridhaul Fatwa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstract This study aims atimproving the understanding of concepts and enhance activeness studying biology of students in the lesson topicof World of Plantsthrough the application of misconception-based student worksheets (LKPD). The population in this study was all students of class X as many as 90 students. The concept was tested by 4 sub concepts. The method used is descriptive research method. The instrument used in this study a test CRI (Certainty of Response Index). The results of the research showed a reduction in misconceptions and an increase in activeness of the students after application of misconception-based student worksheets (LKPD). The average reduction in misconceptions sub concepts common characteristics Plantae was 11.6%, sub concept Characteristics Bryophyta, Pteridophyta and Spermatophyta misconceptions average reduction is 14.9%, sub concept metagenesis Bryophyta and Pteridophyta misconceptions average reduction is 15.4% and sub-concepts Spermatophyta proliferation misconceptions average reduction is 15.4%. Students' learning activeness also increase on every meeting. The average students' learning activeness on meeting 1 is 55.3%. Based on scoring criteria for students’ activenessit was categorized into quite active category. The average students' learning activeness on meeting 2, 3 and 4 respectively are 62.3%, 68.9% and 74.6%. Based on scoring criteria for students’ activeness it was categorized into the active category. Thus, it can be concluded that the application of student worksheets can can reduce misconceptions and improve students' understanding of concepts on the material of world of plants, as well as enhance the students' learning activeness in learning Biology. Keywords: Misconceptions, Student Worksheets and Learning Activeness ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pemahaman konsep siswa dan meningkatkan keaktifan belajar biologi siswa pada materi dunia tumbuhan melalui penerapan LKPD berbasis miskonsepsi. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Padang Tiji. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 90 siswa. Konsep yang diuji sebanyak 4 sub konsep. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes CRI (Certainty of Response Index). Hasil penelitian menunjukkan pengurangan miskonsepsi dan peningkatan keaktifan belajar siswa setelah pembelajaran dengan penerapan LKPD berbasis miskonsepsi. Rata-rata pengurangan miskonsepsi sub konsep ciri umum plantae adalah 11,6%, sub konsep Ciri Bryophyta, Pteridophyta dan Spermatophyta rata- rata pengurangan miskonsepsi adalah 14.9%, sub konsep metagenesis Bryophyta dan Pteridophyta rata- rata pengurangan miskonsepsi adalah 15.4% dan sub konsep perkembangbiakan Spermatophyta rata- rata pengurangan miskonsepsi adalah 15.4%. Keaktifan belajar siswa juga terjadi peningkatan pada setiap pertemuan. Rata-rata keaktifan belajar siswa pertemuan ke 1 adalah 55.3% berdasarkan kriteria penskoran keaktifan siswa dikategorikan ke dalam kategori cukup aktif. Pertemuan ke 2, ke 3 dan ke 4 rata-rata keaktifan belajar siswa berturut-turut adalah 62.3%, 68.9% dan 74.6% berdasarkan kriteria penskoran keaktifan siswa dikategorikan ke dalam kategori aktif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan LKPD berbasis miskonsepsi dapat mengurangi miskonsepsi dan memperbaiki pemahaman konsep siswa pada materi dunia tumbuhan, serta meningkatkan keaktifan belajar biologi siswa. Kata kunci: Miskonsepsi, Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Keaktifan belajar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERDASARKAN TUMBUHAN DI HUTAN KOTA BANDA ACEH MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Anindita Syafitri, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 3 MEDAN (Salmaniah, 2016)

PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HOME EXPERIMENT PADA MATERI KOLOID DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH TERHADAP HASIL BELAJAR (OKA MUNIRA, 2016)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Maria Ulfa, 2015)

PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 SAMALANGA (Nurfida Jufra, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy