//

FENOMENA BATU AKIK DAN PERILAKU SOSIAL MASYARAKATAN ACEH JAYA (STUDI PADA MASYARAKAT GAMPONG ALUE PIET, KECAMATAN PANGA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Yusi Mentari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hadirnya fenomena batu akik di kalangan masyarakat Alue Piet menyebabkan timbulnya beberapa perubahan sosial. Perubahan sosial itu diawali dari perubahan perilaku sosial masyarakat setempat yang pada akhirnya mempengaruhi tatanan sosial yang telah ada. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengkaji terhadap perubahan perilaku sosial dan tatanan sosial yang terjadi pada masyarakat gampong Alue Piet dikaitkan dengan hadirnya fenomena batu akik. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, di mana yang menjadi informan diperoleh dengan metode purposive sampling. Untuk menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan teori tindakan sosial Max Weber. Weber mengatakan bahwa dunia ini terwujud karena tindakan sosial, manusia melakukan sesuatu karena mereka memutuskan untuk melakukannya dalam mencapai apa yang mereka kehendaki. Data dikumpulkan dengan cara wawancara dan observasi, serta selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa perilaku sosial masyarakat gampong Alue Piet telah mengalami perubahan yang menyebabkan terjadinya pergeseran terhadap tatanan sosial akibat dari hadirnya fenomena batu akik. perubahan perilaku sosial yang tampak yaitu: perilaku dalam pemberian status sosial dalam masyarakat dari penggunaan atau kepemilikan batu akik; perilaku dalam pemaknaan batu akik sebagai simbol meningkatkan kepercayaan diri; perilaku (perilaku latah) masyarakat yang ikut-ikutan menyukai batu akik. Pergeseran tatanan sosial yang tampak yaitu : mayoritas masyarakat beralih ke profesi yang berhubungan dengan batu akik dan mulai meninggalkan profesi lamanya; masyarakat mulai meninggalkan kegiatan sosialnya seperti kegiatan gotong royong, zikir bersama, dan kegiatan gampong lainnya; masyarakat mulai mengenyampingkan urusan keagamaan seperti shalat berjamaah dan pengajian. Kata Kunci: Batu Akik, Perilaku, Tatanan, Masyarakat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP DAMPAK PENAMBANGAN BATU AKIK (STUDI DI KECAMATAN PANGA KABUPATEN ACEH JAYA) (Jamaril, 2018)

ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI LENGKENG (DIMOCARPUS LONGAN) DI DESA ALUE PIET KECAMATAN PANGA KABUPATEN ACEH JAYA (murthada, 2014)

PENGALOKASIAN DANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDES) DALAM PEMBANGUNAN FISIK DI DESA ALUE PIET KECAMATAN PANGA KABUPATEN ACEH JAYA (Mulia Sasmi, 2016)

PEREMPUAN PENCARI BATU HIAS DI GAMPONG ALUE TRINGGADENG KECAMATAN LEMBAH SABIL ACEH BARAT DAYA (Eka Rulisa, 2016)

DINAMIKA SOSIAL EKONOMI PETANI KARET GAMPONG ALUE TAMPAK, KECAMATAN KAWAY XVI, KABUPATEN ACEH BARAT, 1986-2014 (yusnidar, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy