//

PENGARUH PEMBELAJARAN PEER MEDIATED INSTRUCTION AND INTERVENTION (PMII) TIPE CLASS-WIDE PEER TUTORING (CWPT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF EKOSISTEM DAN KESADARAN METAKOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAYA BAKONG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yursal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Yursal. Pengaruh Pembelajaran Peer Mediated Instruction and Intervention (PMII) tipe Class-Wide Peer Tutoring (CWPT) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Ekosistem dan Kesadaran Metakognitif Siswa Kelas X Di SMANegeri 1 Paya Bakong. Tesis. Pembimbing I. Dr. Muhibbuddin, M.S., Pembimbing II. Dr. Samingan, M.Si. ABSTRAK Telah dilakukan penelitian tentang “Pengaruh Pembelajaran Peer Mediated Instruction and Intervention (PMII) tipe Class-Wide Peer Tutoring (CWPT) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Ekosistem dan Kesadaran Metakognitif Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Paya Bakong”, dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pembelajaran PMII tipe CWPT terhadap hasil belajar Biologi siswa. (2) Pengaruh pembelajaran PMII tipe CWPT terhadap kesadaran metakonitif siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Paya Bakong Kabupaten Aceh Utara dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap pada Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 2 kelas paralel yaitu kelas X-1 dan kelas X-2. Penentuan kelas eksperimen dan kelas control dilakukan secara acak. Pengambilan data penguasaan konsep dilakukan melalui pretes dan postes. Instrumen penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan lembar inventori kesadaran metakognisi. Analisis data untuk perbedaan hasil belajar dan kesadaran metakognisi dianalisis menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan (P>0,05) antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran PMII tipe CWPT dengan pembelajaran konvensional. (2) terdapat perbedaan skor kesadaran metakognitif siswa yang signifikan (P>0,05) antara sebelum dan sesudah pembelajaran PMII tipe CWPT pada konsep ekosistem. Kesimpulan penelitian ini adalah: Penerapan pembelajaran PMII tipe CWPT dapat meningkatkan hasil belajar dan kesadaran metakognisi siswa pada konsep ekosistem. Kata Kunci: Pembelajaran PMII tipe CWPT, Penguasaan Konsep Siswa, Kesadaran Metakognitif Siswa, Ekosistem.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY TERHADAP KESADARAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH (Cut Windasari, 2017)

HUBUNGAN MOTIVASI DAN PERGAULAN PEER GROUP DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Fitria Rahma, 2017)

APLIKASI KETERAMPILAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN EKOSISTEM DI MAN RUKOH (Eriawati, 2014)

OBSERVING THE USE OF PEER FEEDBACK TECHNIQUE IN TEACHING WRITING (A QUALITATIVE STUDY AT SMA LAB SCHOOL UNSYIAH, BANDA ACEH) (Ulfah Fikria, 2014)

PROFIL AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI METAKOGNITIF KELAS XI DI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA (REFA JULAINA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy