//

MODAL SOSIAL MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN EKOWISATA (STUDI PADA WISATA PEMANDIAN PUTRI NAGA GAMPONG PANJUPIAN TAPAKTUAN, ACEH SELATAN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Meilidar - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ekowisata (ecotourism) merupakan jenis wisata memberikan apresiasi yang tinggi terhadap lingkungan, budaya, dan partisipasi penduduk lokal. Modal sosial sebagai salah satu aspek penting yang menunjang keberhasilan dan keberlanjutan suatu program pengembangan ekowisata. Di antara urgensi tersebut adalah melalui peranan modal sosial dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh modal sosial terhadap pengembangan ekowisata pemandian Putri Naga Gampong Panjupian Tapaktuan Aceh Selatan. Teori yang digunakan yaitu teori kapital sosial Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengambilan data responden masyarakat dan pengunjung dilakukan teknik purposive sampling dengan metode wawancara mendalam dan observasi as Primary data. Sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi-instansi terkait. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sosial berpengaruh pada tingkat pemahaman terhadap norma, jumlah orang yang dikenal pada jaringan sosial yang dimilikinya dan kepercayaan antar masyarakat dalam mengembangkan usaha di objek wisata pemandian putri naga Panjupian. Ekowisata memberikan dampak pada kampung yang dekat dengan ekowisata, sedangkan kampung yang jauh tidak menerima dampaknya. Kata Kunci: modal sosial, ekowisata, masyarakat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN KAWASAN WISATA ALUE NAGA TIMUR BERBASIS EKOWISATA (Fitria Larasati, 2016)

EKSISTENSI RAPA’I DABOIH DALAM NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL DI GAMPONG BATU ITAM KECAMATAN TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN (Heru Yuliandi Miraza, 2017)

VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA AIR TERJUN TINGKAT TUJUH DI KOTA TAPAKTUAN ACEH SELATANRN(PENDEKATAN TRAVEL COST) (FITRI MULYANA, 2014)

PENGEMBANGAN GAMPONG NUSA SEBAGAI GAMPONG WISATA KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS PERANANDINAS KEBUDAYAAN, PARIWISATA, PEMUDA DAN OLAHRAGA ACEH BESAR) (Tjut Ika Mauliza, 2017)

TINDAK TUTUR NELAYAN DI KECAMATAN TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN (DEVI TRIYANI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy