//

DAYA HAMBAT MINYAK ATSIRI DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS PADA BERBAGAI KONSENTRASI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SITI APRINA WATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Siti Aprina Wati Fakultas : Kedokteran Gigi Judul Skripsi : Daya Hambat Minyak Atsiri Daun Kemangi (Ocimum basilicum) Terhadap Pertumbuhan Porphyromonas gingivalis Pada Berbagai Konsentrasi Porphyromonas gingivalis merupakan salah satu bakteri komensal rongga mulut yang memiliki habitat pada plak gigi di margin gingiva dan merupakan agen utama penyebab periodontitis kronis. Pencegahan aktivitas Porphyromonas gingivalis adalah dengan bahan antibakteri dari alam, salah satunya adalah daun kemangi (Ocimum basilicum). Daun kemangi diketahui dapat menghambat pertumbuhan bakteri karena mengandung α-pinene, sabinene, limonene, linalool, terpinen-4-ol, neral, geranial, carvacrol, flavonoid, eugenol dan thymol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui daya hambat minyak atsiri daun kemangi (Ocimum basilicum) terhadap pertumbuhan Porphyromonas gingivalis, serta perbedaan daya hambat pada setiap konsentrasi. Minyak atsiri daun kemangi dibuat menggunakan teknik destilasi uap dan air. Uji daya hambat minyak atsiri daun kemangi (Ocimum basilicum) terhadap pertumbuhan Porphyromonas gingivalis dilakukan dengan menggunakan metode difusi cakram pada media MHA dan diinkubasi selama 72 jam pada suhu 37oC. Konsentrasi minyak atsiri daun kemangi (Ocimum basilicum) yang digunakan pada penelitian ini adalah 12,5%, 25%, 50% dan 100%. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji One Way ANOVA dengan p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAYA HAMBAT MINYAK ATSIRI DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) TERHADAP STREPTOCOCCUS SANGUINIS PADA BERBAGAI KONSENTRASI (ARINA HILMI SARI, 2016)

DAYA HAMBAT MINYAK ATSIRI DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS PADA BERBAGAI KONSENTRASI (Hanna Nurlita Rizqiyani, 2016)

PENGARUH EKSTRAK DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) TERHADAP DAYA HAMBAT PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Deny Haris, 2014)

DAYA HAMBATMINYAK ATSIRI DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM L) TERHADAP PERTUMBUHAN LACTOBACILLUS ACIDOPHILUS PADA BERBAGAI KONSENTRASI (Danisha Laila Sofyan, 2016)

EKSTRAKSI MINYAK ATSIRI DAUN KEMANGI (OCIMUM SANTUM L) DENGAN MENGGUNAKAN METODE MASERASI (Surnika, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy