//

PENGEMBANGAN ANYAMAN DAUN PANDAN UNTUK PRODUK KERAJINAN DI DESA MATANG GLEUM KECAMATAN PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rita fitriani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Pengembangan Anyaman. Daun Pandan, Produk Kcrajinan Pcnclitian yang bcrjudul Pengembangan Anyaman Daun Pandan untuk Produk Kcrajinan ini bcrtujuan mengctahui proses pembualan anyaman daun pandan untuk produk kcrajinan di Dcsa Matang Glcum Kccamatan Pcurculak Kabupalen Aceh Timur, pengembangan anyaman daun pandan untuk produk kcrajinan di Dcsa Matang (ileum Kecamatan Pcurculak Kabupatcn Aceh Timur, scrta hambatan - hambatan yang dihadapi oleh pcrajin dalam pemasaran produk kcrajinan anyaman daun pandan di Dcsa Matang Glcum Kabupatcn Aceh Timur. Mctodc pcnclitian menggunakan mcUxle deskriptif kualitatif. Subjek pcnclitian dilakukan secara purposive sampling bcijumlah 6 (enam) orang pcrajin anyaman daun pandan dengan kriteria ibu - ibu yang sudah mahir dalam mcnganyam daun pandan dan mcmpunyai pcngalaman mcnganyam daun pandan minimal 4 (cmpat) tahun. Untuk mcmprolch data pcncliti menggunakan teknik obscrvasi, wawancara dan dokumcntasi. Teknik pcngolahan data dengan mcnganalisis hasil pcnclitian yang sclanjutnya di interprctasi secara naratif. Hasil pcnclitian menunjukkan balm a Proses pembuatan anyaman daun pandan dilakukan sccara scdcrhana dan turun -tcmurun. pembuatan anyaman dilakukan mclalui proses pcmancnan daun pandan, pembuangan tulang pada daun pandan, melayu. merebusan daun pandan, penjemuran dan tcrakhir proses pcnganyantan yang dilakukan dengan teknik tindih-mcnimdih. silang-mcnyilang dan tcrawang dengan menggunakan motif bujur sangkar bcrganda. bungong mala uroe.bungong mculati dan pcrscgi hingga menjadi scbuah produk kcrajinan anyaman. Wama yang digunakan dalam pembuatan anyaman daun pandan umumnya mcrah. hijau. ungu. coklat dan mcrah muda dan pengembangan anyaman daun pandan untuk produk kcrajinan yang di buat oleh pcrajin adalah tikar duk tiga lapis, bantal kursi. tas. dompct. tcmpat tisu. tcmpat ascsoris scrta hambatan yang dihadapi pcrajin kurangnya modal untuk proses produksi dan tidak tcrscdianya /at pcwama di daerah tcmpat pcrajin. Disarankan kepada ibu-ibu pcrajin anyaman daun pandan agar dapat mencari inovasi barn bahan baku untuk mcmbuat zat pcwama agar tidak mcmcsan dari luar daerah yang nicmbutuhkan waktu lama.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN ANYAMAN DAUN PANDAN UNTUK PRODUK KERAJINAN DI DESA MATANG GLEUM KECAMATAN PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR (Rita fitriani, 2016)

PERKEMBANGAN SOSIAL EKONOMI PENGRAJIN ANYAMAN TIKAR SEUKEE DESA LUENG BIMBA KECAMATAN MEURAH DUA KABUPATEN PIDIE JAYA 1990-2012 (Abdul Karim, 2017)

KERAJINAN LIMBAH KELAPA DI GAMPONG NUSA KECAMATAN LHOKNGAKABUPATEN ACEH BESAR (Cut Wilisa, 2018)

TEKNIK PEMBENTUKAN MOTIF PADA ANYAMAN TIKAR DI DESA GEUNTENG KECAMATAN BATEE KABUPATEN PIDIE (Zulfitri Saifuddin, 2015)

PENENTUAN STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA ANYAMAN TIKAR PANDAN (STUDI KASUS DI DESA PASI RAWA KECAMATAN KOTA SIGLI KABUPATEN PIDIE) (Ulfah Fajriah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy