//

PEMAKNAAN PESAN PADA PROGRAM KABAR BANG ONE DI TV ONE(ANALISIS SEMIOTIKA PADA PROGRAM KABAR BANG ONE EPISODE HUKUMAN MATI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ayu herista - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Pemaknaan Pesan Pada Program Kabar Bang One (Analisis Semiotika Pada Program Kabar Bang One Episode Hukuman Mati)”. Bang One adalah karikatur atau kartun bisu yang bergerak dengan gambar dan backsound menarik serta memiliki ciri khas khusus yang menyampaikan fenomena yang terjadi dimasyarakat khususnya tentang hukum,politik, dan sosial di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna pesan pada program Kabar Bang One episode Hukuman Mati. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Roland Barthes. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Pengumpulan data digunakan dengan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap signifikasi yang dikemukakan oleh Barthes yaitu denotasi, konotasi dan mitos.Makna denotasi merupakan makna yang paling nyata dari sebuah tanda. Makna konotasi merupakan makna tambahan, yang mengandung perasaan atau nilai rasa tertentu setelah makna awal yang umum. Sedangkan makna mitos muncul dari makna konotasi. Hasil penelitian yang didapat adalah program Kabar Bang One episode hukuman mati terdapat 8 scene yang dapat dikelompokkan menjadi 7 tema. Makna yang menunjang pada tahap denotasi adalah kerapian dan keindahan gambarnya. Pada scene 1 sampai scene 6 makna denotasinya hampir bersamaan dengan terdapat meja hijau pada sebuah ruangan, terdapat seorang pria dan tangan seseorang yang memegang palu kayu, yang membedakan hanya wajah, penampilan dan ekspresinya saja. Makna konotasinya adalah kata-kata (bahasa verbal) yang memperkuat gambar tersebut. Pada scene 1 sampai scene6 makna konotasinya merupakan seorang tersangka yang terlibat dari beberapa kasus seperti kasus narkoba, kasus terorisme, kasus pembunuhan berencana, kasus korupsi dan kasus pencurian dengan pemberatan sedang mengikuti sidang di pengadilan dan dijatuhi vonis hukuman mati oleh hakim kecuali pada kasus korupsi yang hanya dijatuhi hukuman denda dan penjara. Mitos yang didapat mengandung asumsi-asumsi atau dugaan tentang sebab-akibat sebuah peristiwa yang dikarikaturkan. Pada episode hukuman mati, Mitos pada program Kabar Bang One episode hukuman mati dapat dilihat dari beberapa aspek, baik itu dari segi hukum, sosial dan agama. Kata Kunci: Makna, Karikatur, Kabar Bang One.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MANAJEMEN PRODUKSI PROGRAM “AKAI BANG RUSLI” DALAM MENJAGA EKSISTENSI PADA STASIUN TELEVISI LOKAL ACEHTV (Nadia Putri Meditarian, 2016)

REPRESENTASI TOLERANSI BERAGAMA MENURUT PANDANGAN ISLAM DALAM SERIAL ANIMASI UPIN DAN IPIN (ANALISIS SEMIOTIKA EPISODE BERJUDUL “GONG XI FA CAI” DAN “DUGAAN RAMADHAN”) (Maulizan Hidayat, 2018)

POLITIK DINASTI AMPON BANG DI NAGAN RAYA (Izwar, 2017)

PENGGUNAAN DIKSI DALAM JUDUL BERITARNSURAT KABAR HARIAN PROHABA (Teuku Asrul, 2014)

ANALISIS GAYA BAHASA PENEGASAN DALAM BERITA SURAT KABAR PROHABA (Vera Agusriyanda, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy