//

KONTRIBUSI KESEIMBANGAN DAN POWER OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN SHOOTING BOLA BASKET PADA KLUB BOLA BASKET SMA NEGERI BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/206

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Bayu Kawla Yodhi Adha - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Keseimbangan, Power Otot Tungkai dan Kemampuan Shooting Bola Basket Penelitian yang berjudul “Kontribusi Keseimbangan dan Power Otot Tungkai Dengan Kemampuan Shooting Bola Basket Pada Klub Bola Basket SMA Negeri 1 Banda Aceh Tahun Ajaran 2015/2016”. Shooting merupakan suatu teknik menembak yang diarahkan tepat ke sebuah sasaran tembak. Cabang olahraga bola basket dalam pencapaian prestasinya dipengaruhi oleh komponen kondisi fisik, salah satunya adalah keseimbangan dan power otot tungkai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kontribusi Keseimbangan dan Power Otot Tungkai Dengan Kemampuan Shooting Bola Basket. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi yang bergabung di dalam klub/tim basket SMA Negeri 1 Banda Aceh yang berjumlah 25 orang, sedangkan pengambilan sampel yang dilakukan dengan cara Total Sampling atau sampel total sebanyak 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1. tes keseimbangan dengan menggunakan tes strock stand, 2. tes power otot tungkai dengan Vertical Jump Test dan 3. kemampuan shooting bola basket, diukur dengan melakukan shooting under ring selama 30 detik. Data diolah dengan menggunakan teknik statistik dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata (mean), standar deviasi (SD), penghitungan nilai korelasi sederhana (r), penghitungan nilai korelasi ganda (R), menghitung koefisien diterminasi dan pengujian signifikansi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara keseimbangan dan power tungkai terhadap kemampuan shooting bola basket, dengan (R= 0,63), dan jelas bahwa F hitung 9,5 lebih besar dari F tabel 3,47. Dimana koefisien korelasi antara (X1) dan (X2) dengan (Y) berarti, maka hipotesis menyatakan terdapat kontribusi antara keseimbangan dan power otot tungkai terhadap kemampuan shooting Bola Basket pada Klub Bola Basket SMA Negeri 1 Banda Aceh Tahun Ajaran 2015/2016 dapat diterima kebenarannya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI TINGKAT KECEMASAN DAN POWER TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN SHOOTING OLAHRAGA BOLA BASKET PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH TAHUN AKADEMIK 2014/2015 (ZULFAN MIRANDA, 2015)

HUBUNGAN POWER OTOT LENGAN DENGAN KEMAMPUAN CHEST PASS PADA TIM BASKET SMA NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN 2016 (Aji Prakarsa, 2018)

KONTRIBUSI KELINCAHAN DAN PANJANG TUNGKAI TERHADAP KECEPATAN DRIBBLE BOLA BASKET PADA UKM BOLA BASKET UNSYIAH TAHUN 2016 (Rizal Darmawan, 2017)

HUBUNGAN POWER OTOT TUNGKAI DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN SHOOTING PADA TIM SEPAK BOLA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (iskandar, 2014)

HUBUNGAN POWER OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN TENDANGAN (SHOOTING) DALAM SEPAKBOLA PADA KLUB HIMADIRGA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH TAHUN 2015 (Yusviandi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy