//

REPRESENTASI AGENDA MEDIA DALAM SURAT KABAR LOKAL (ANALISIS WACANA PEMBERITAAN KABUT ASAP PADA SERAMBI INDONESIA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Roestian Fahmi Nasution - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul Representasi Agenda Media Dalam Surat Kabar Lokal (Analisis Wacana Pemberitaan Kabut Asap Pada Harian Serambi Indonesia). Permasalahan penelitian untuk mengetahui bagaimana pemberitaan kabut asap pada surat kabar Serambi Indonesia ditinjau dengan analisis teks, praktik wacana (discourse practice), dan praktik sosial (sociocultural practice). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberitaan kabut asap bulan Oktober 2015 pada surat kabar Serambi Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana yang dicetuskan oleh Norman Fairclough (1995). Teks berita yang menjadi fokus penelitian ini adalah berita yang terbit di surat kabar Serambi Indonesia edisi 4 sampai 31 Oktober 2015. Dari lima teks berita yang dianalisis, peneliti menemukan berbagai macam wacana yang dikembangkan Serambi Indonesia terkait pemberitaan kabut asap di halaman-halaman pemberitaannya, terlebih lagi pemberitaan kabut asap sempat menjadi headline dalam beberapa hari. Berdasarkan temuan yang didapat, seluruh teks berita hanya menampilkan berita yang menginformasikan keadaan sosial dan ekonomi saat terjadinya peristiwa kabut asap. Serambi Indonesia melalui pemberitaannya cenderung memposisikan diri sebagai bagian dari masyarakat yang merasa terusik dengan bencana kiriman akibat pembakaran lahan. Kata kunci: Analisis Wacana, Kabut Asap, Serambi Indonesia

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS WACANA PEMBERITAAN PROSTITUSI ONLINE PADA HARIAN SERAMBI INDONESIA (Luky Ana Arsa, 2019)

MANAJEMEN REDAKSI SURAT KABAR HARIAN SERAMBI INDONESIA DALAM MENJAGA LOYALITAS PEMBACA (Rina Azvira, 2016)

ANALISIS PRESS RELEASE HUMAS PEMERINTAH ACEH DALAM PEMBERITAAN HARIAN SERAMBI INDONESIA DAN HARIAN RAKYAT ACEH (Cut Meutia Dewi, 2015)

ANALISIS UNSUR KOHESI DAN KOHERENSI PADA TAJUK RENCANA DALAM SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA (Anggarda Paramita, 2016)

PROSES GATEKEEPING PEMBERITAAN LGBT PADA HARIAN SERAMBI INDONESIA (QURRATA AYUNI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy