//

ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH PERIODE OPINI NON WTP DAN PERIODE OPINI WTP (STUDI PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH TAHUN 2013-2014)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yuni Wulan Dary - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis perbedaan kinerja keuangan pendapatan asli daerah periode opini non WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dan periode opini WTP pada kabupaten/kota di Provinsi Aceh tahun 2013-2014. Populasi penelitian ini adalah 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Dengan menggunakan teknik purposive sampling pada daerah yang mengalami peningkatan opini audit dari non WTP pada tahun 2013 menjadi WTP pada tahun 2014, sample penelitian ini adalah 10 kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Data yang digunakan adalah laporan realisasi anggaran kabupaten/kota di Provinsi Aceh untuk tahun 2013 dan 2014. Teknik analisis data menggunakan analisis uji beda sampel berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kinerja keuangan pendapatan asli daerah periode opini non WTP tidak berbeda dengan periode opini WTP pada kabupaten/kota di Provinsi Aceh tahun 2013-2014. Dalam aspek derajat desentralisasi fiskal dan rasio kemandirian keuangan daerah, kinerja keuangan pendapatan asli daerah periode opini non WTP berbeda dengan periode opini WTP pada kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Sementara, dalam aspek rasio efektivitas dan pertumbuhan pendapatan asli daerah, kinerja keuangan pendapatan asli daerah pada kabupaten/kota di Provinsi Aceh tidak berbeda pada dua periode tersebut. Kata Kunci: Kinerja Keuangan, PAD, Opini Audit, Derajat Desentralisasi Fiskal, Rasio Efektivitas PAD, Rasio Pertumbuhan PAD, dan Rasio Kemandirian Keuangan Daerah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAERAH TERHADAP KETIMPANGAN REGIONAL ANTAR KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH (AMANDA FEBRIANA, 2015)

PENGARUH PERAN MASYARAKAT MADANI DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP OPINI AUDIT LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH) (JUANDA SURYA, 2017)

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, BELANJA DAERAH, DESENTRALISASI FISKAL DAN FISCAL STRESS TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAERAH PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH (Dedy Fernanda, 2018)

PENGARUH INVESTASI TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH SERTA DAMPAKNYA PADA KEMAMPUAN DAERAH MEMBIAYAI BELANJA PEGAWAI RN(STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH) (ifrizal, 2015)

PENGARUH BELANJA MODAL TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI EMPIRIS PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH) (Ryanda Saputra, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy