//

Prospek pengembangan kota lhokseumawe dalam membangun kawasan ekonomi khusus (KEK)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang robby dharmawan - Personal Name
SubjectECONOMIC DEVELOPMENT
MACROECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berujuan untuk mengidentifikasi potensi Kota Lhokseumawe sehubungan dengan pengembangan kawasan ekonomi khusus, untuk mendapatkan kebijakan Kota Lhokseumawe dalam membangun kawasan ekonomi khusus. Penelilitian ini menggunakan data sekunder dari produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Lhokseumawe tahun 2007-2011. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu analisis Location Quotient (LQ), Shift Share dan Tipologi Klassen. Hasil analisis Location Quotient (dengan migas) menunjukkan sektor industri pengolahan dengan rata-rata 4,73 dan sektor perdagangan, hotel dan restoran dengan rata-rata sebesar 1,32 merupakan sektor basis di Kota Lhokseumawe. Hasil Location Quotient (non migas) menunjukkan sektor perdagangan, hotel dan restoran dengan rata-rata 2,23, sektor pengangkutan dan komunikasi dengan rata-rata 1,23 dan sektor keuangan, real estate dan jasa perusahaan dengan rata-rata 1,12. Hasil analisis Shift Share (dengan migas) menunjukkan bahwa sektor yang merupakan sektor kompetitif, yaitu sektor pertambangan dan penggalian, sektor bangunan dan kontruksi, sektor perdagangan, hotel dan restoran, serta sektor keuangan, real estate dan jasa perusahaan. Hasil analisis Shift Share (non migas) menunjukkan sektor kompetitif yaitu sektor listrik, gas dan air bersih, sektor bangunan dan kontruksi, sektor perdagangan, hotel dan restoran serta sektor keuangan, real estate dan jasa perusahaan. Hasil analisis Tipologi Klassen (dengan migas) berdasarkan kedua analisis menunjukkan sektor yang maju dan tumbuh dengan pesat yaitu sektor perdagangan, hotel dan restoran. Hasil analisis Tipologi Klassen (non migas) menunjukkan sektor maju dan tumbuh pesat yaitu sektor perdagangan, hotel dan restoran dan sektor keuangan, real estate dan jasa perusahaan. Kota Lhokseumawe juga memiliki lokasi yang strategis dan didukung oleh infrastruktur yang tersedia. Kata Kunci : Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Location Quotient, Shift Share, Tipologi Klassen.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMISKINAN SPASIAL DI KOTA LHOKSEUMAWE (Nazariandi, 2016)

ANALISIS EKONOMI PEMBANGUNAN JALAN LINGKAR KOTA LHOKSEUMAWE (STUDI KASUS JALAN LINGKAR KOTA LHOKSEUMAWE) (Rijalul Qadri BS, 2017)

PERKEMBANGAN KOTA LHOKSEUMAWE, 1974-2014 (STUDI TENTANG: PEREKONOMIAN) (jannaturridha, 2016)

KETIDAKSETARAAN GENDER DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI ACEH. STUDI KOMPARASI: WILAYAH KOTA DI ACEH (HILDA FADHILLA, 2016)

PERUMAHAN DHUAFA DI KOTA LHOKSEUMAWE (Ana Raihan Putri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.