//

HUBUNGAN ANTARA PEMERIKSAAN BONE MINERAL DENSITY DAN INDEKS SINGH TERHADAP FRAKTUR PATOLOGIS COLLUM FEMUR PADA WANITA MENOPAUSE DI RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fachrul Razi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Wanita usia lanjut memiliki resiko untuk mengalami fraktur patologis dimana hal ini terkait dengan penurunan hormonal yang berkorelasi dengan osteoporosis. Terdapat korelasi osteoporosis dengan fraktur patologis collum femur. Laporan lebih lanjut di Aceh mengenai fraktur patologis collum femur dan kelompok usia lanjut belum banyak dilaporkan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui hubungan pemeriksaan BMD dan indeks Singh terhadap kejadian fraktur Collum femur wanita tua di Rumah Sakit Umum dr.Zainoel Abidin (RSUZA). Metode penelitian ini menggunakan case control study melalui penilaian t-score BMD dan derajat indeks Singh terhadap kejadian fraktur patologis collum femur. Analisa data menggunakan uji contingency dan alternative uji Fisher. Hasil penelitian didapatkan 46 sampel pasien wanita menopause dengan 23 sampel fraktur patologis collum femur dan 23 sebagai kelompok kontrol. Pada kelompok fraktur Mean usia pasien adalah 61,91 tahun (SD±7,32) dan lama menopause 13,73 tahun (SD±5,52). Mean usia kelompok non fraktur 55,41 tahun (SD±5,52) dan lama menopause 7 tahun(SD±3,28). Analisa hubungan BMD terhadap fraktur patologis collum femur signifikan bermakna (p=0,00) dengan kekuatan korelasi sedang (r=0,590), hubungan indeks Singh terhadap fraktur patologis collum femur juga signifikan (p=0,00) dengan korelasi sedang (r=0,415) problabilitas resiko 89% pasien indeks Singh derajat rendah akan mengalami fraktur patologis. Hubungan korelasi BMD dan indeks Singh terhadap fraktur patologis collum femur menunjukkan nilai yang signifikan (p=0,00) dengan korelasi kuat (r=610). Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan antara BMD dan indeks Singh terhadap terjadinya fraktur patologis collum femur pada wanita menopause. Kata kunci: Bone Mineral Density, indeks Singh, osteoporosis, fraktur patologis collum femur.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN HIP GEOMETRY DENGAN FRAKTUR COLLUM FEMUR PADA WANITA TUA (dr. Rusydi, 2014)

ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI OUTCOME PENDERITA FRAKTUR COLLUM FEMUR PASCA HEMIARTHROPLASTY DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013-2014 (Muhammad Bayu Zohari Hutagalung, 2014)

HUBUNGAN ANTARA INDEX MASSA TUBUH DENGAN BONE MINERAL DENSITY VERTEBRA LUMBAL DAN NECK FEMUR PADA WANITA MENOPAUSE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (dr. Andri Saputra, 2017)

ANALISIS PENGARUH DURASI MINUM TAMOXIFEN TERHADAP PERUBAHAN KEPADATAN MINERAL TULANG WANITA MENOPAUSE YANG MENDERITA KANKER PAYUDARA DI RSUDZA BANDA ACEH (dr. Alkausar, 2019)

PERBEDAAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA WANITA MENOPAUSE YANG BEKERJA DAN TIDAK BEKERJA DI BANDA ACEH (Meira Rizki, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy