//

KADAR HEMOGLOBIN DAN HEMATOKRIT GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ayu andella agustina - Personal Name

Abstrak/Catatan

KADAR HEMOGLOBIN DAN HEMATOKRIT GAJAH SUMATERA (Elephas maximus sumatranus) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE, ACEH BESAR ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui kadar hemoglobin (Hb) dan nilai hematokrit (Ht) gajah sumatera di Pusat Konservasi Gajah (PKG) Saree Aceh Besar. Pada penelitian ini sampel darah diambil dari 16 ekor gajah sumatera di PKG dengan menggunakan EDTA sebagai antikoagulan. Kadar Hb dan nilai Ht masing-masing ditentukan dengan metode Sahli dan mikrohematokrit. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh kadar Hb gajah sumatera jantan dan betina berturut-turut adalah 11,74±0,58 g/dl dan 11,84±0,55 g/dl. Kadar Hb gajah sumatera kelompok umur 10-30 dan >30 tahun masingmasing sebesar 11,87±0,56 g/dl dan 11,79±0,53 g/dl. Tidak ditemukan perbedaan nyata kadar Hb (P>0,05) menurut jenis kelamin atau kelompok umur. Nilai Ht gajah sumatera jantan adalah 38,14±0,79% dan secara nyata (P0,05) dalam nilai Ht gajah sumatera kelompok umur 10-30 dan >30 tahun, yang masing-masing adalah 40,43±1,21% dan 40,22±1,48%. Dapat disimpulkan bahwa pada gajah sumatera kadar Hb tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin dan umur, sedangkan nilai Ht dipengaruhi oleh jenis kelamin.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PREVALENSI NEMATODA GASTROINTESTINAL PADA FESES GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE KABUPATEN ACEH BESAR (ZAKIYATURRIDHA, 2019)

PEMERIKSAAN KEBERADAAN TELUR DAN LARVA NEMATODA PASCA PEMBERIAN ANTHELMINTIK PADA GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI CONSERVATION RESPONSE UNIT (CRU) SAMPOINIET ACEH JAYA (Syafriza Harlianda, 2017)

PROFIL DARAH GAJAH SUMATERA ( ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS ) DI CONSERVATION RESPONSE UNIT (CRU) SAMPOINIET ACEH JAYA (Fina Fadiah, 2017)

PROFIL DARAH GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATERANUS) DI PLG MINAS, RIAU (FUJI LESTARI, 2018)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ENTERIK PADA FESES GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE ACEH BESAR (Fadli Amri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy