//

PROSEDUR PENANGANAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PD. BPR MUSTAQIM SUKAMAKMUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SHINTA NOVITA - Personal Name

Abstrak/Catatan

PD. BPR Mustaqim Sukamakmur merupakan Bank milik Pemerintah Daerah Aceh yang sebelumnya bernama LKK (Lembaga Kredit Kecamatan), setelah itu berkembang menjadi PD. BPR dan telah mendapat persetujuan dari Bank Indonesia pada tanggal 14 Mei 1999 yang kemudian melakukan merger dengan 12 PD. BPR yang ada di Aceh. Sebagaimana diketahui bahwa PD. BPR Mustaqim Sukamakmur merupakan salah satu Bank yang kepemilikan sahamnya adalah 100% milik Pemerintah Daerah.Penulisan Laporan Kerja Praktek (LKP) setelah adanya Pelaksanaan Kerja Praktek yang penulis lakukan pada PD. BPR Mustaqim Sukamakmur memiliki tujuan-tujuan tertentu. Salah satunya adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur penanganan pembiayaan bermasalah yang terjadi pada PD. BPR Mustaqim Sukamakmur. Setelah mengamati proses penanganan pembiayaan yang diterapkan pada PD. BPR Mustaqim Sukamakmur dalam masa Job Training selama dua bulan, penulis dapat mengambil beberapa kesimpulan. Kesimpulan-kesimpulan tersebut adalah PD. BPR Mustaqim Sukamakmur adalah bank yang beroperasi berdasarkan prinsip konvensional yang kegiatannya adalah menghimpun dana dari nasabah dalam bentuk tabungan dan deposito yang kemudian menyalurkannya kembali kepada pengusaha-pengusaha ekonomi mikro dan super mikro dalam bentuk pembiayaan.Prosedur dalam penanganan pembiayaan bermasalah yang diterapkan pada PD. BPR Mustaqim Sukamakmur adalah dengan cara Penagihan yang dilakukan secara persuasif, yaitu dengan melakukan penagihan melalui telepon dengan terlebih dahulu melihat data pada sistem komputer, apabila dengan cara komunikasi belum juga menggerakkan langkah nasabah untuk melunasi kewajibannya, maka pihak PD. BPR Mustaqim memberi Surat Peringatan (SP) yaitu SP I, SP II, dan SP III. Selanjutnya PD. BPR Mustaqim mengamankan agunan yang dijaminkan oleh nasabah, apabila belum berhasil juga, maka pihak bank akan melakukan penjualan sukarela terhadap agunan yang dijaminkan nasabah. Dalam hal ini jika seandainya penjualan agunan belum mencukupi pelunasan kewajiban nasabah, maka pihak PD. BPR Mustaqim Sukamakmur akan melakukan penagihan kembali, apabila nasabah belum juga mau melunasi sisa kewajibannya, maka jalur terakhir yang akan ditempuh pihak PD. BPR Mustaqim adalah dengan menyelesaikan secara hukum.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN DAERAH BANK PERKREDITAN RAKYAT MUSTAQIM SUKAMAKMUR DI ACEH (Fitrul Khairi, 2017)

PERAN ADVERTISING DALAM UPAYA MENINGKATKAN DANA TABUNGAN PADA BANK PD. BPR MUSTAQIM SUKAMAKMUR CABANG LHOKNGA (RIFIIL ABRAR, 2016)

ANALISA PENCAIRAN KREDIT SUPER MIKRO PADA PD.BPR MUSTAQIM SUKAMAKMUR (Rian Erizal, 2015)

PROSES PERMOHONAN KREDIT MELALUI PELAYANAN ONLINE E-KREDIT UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA NASABAH PD. BPR MUSTAQIM SUKAMAKMUR CABANG MEURAXA (SAHNAZ RATU QUTHNI, 2016)

PROSEDUR PENYELESAIAN PEMBIAYAAN MURABAHAH BERMASALAH PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK CABANG BANDA ACEH (Said Didid Rakhmatizar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy