//

PERBEDAAAN MICROLEAKAGE PADA TEKNIK SANDWICH RESIN KOMPOSIT – GLASS IONOMER CEMENT (DITINJAU DARI WAKTU APLIKASI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fikrizal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Restorasi teknik sandwich merupakan teknik restorasi yang menggunakan dua bahan restorasi yang berbeda dalam satu restorasi. Bahan restorasi pada teknik sandwich biasanya menggunakan resin komposit dan glass ionomer cement sebagai basis. Restorasi dengan teknik sandwich dapat mengurangi terjadinya microleakage. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan microleakage pada teknik sandwich resin komposit – glass ionomer cement (ditinjau dari waktu aplikasi). Spesimen yang digunakan sebanyak 20 gigi premolar dengan kavitas kelas 1 dan direstorasi menggunakan teknik sandwich kemudian dibadi menjadi 2 kelompok. Kelompok A adalah teknik sandwich resin komposit nanofiller sesaat setelah pemberian basis glass ionomer cement tipe II dan kelompok B adalah teknik sandwich resin komposit nanofiller setelah 24 jam pemberian basis glass ionomer cement tipe II. Semua spesimen direndam dalam larutan pewarna biru metilen 1% selama 24 jam kemudian dilakukan pengamatan terhadap penetrasinya dengan menggunakan stereomikroskop untuk melihat terjadinya microleakage. Hasil penelitian ini menunjukkan kelompok A memiliki rerata skor microleakage sebesar 1,9 ± 0,73 8 sedangkan kelompok B memiliki rerata skor microleakage sebesar 0,2 ± 0,422. Hasil uji statistik Mann Whitney menunjukkan perbedaan yang signifikan (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN KEBOCORAN MIKRO ANTARA BASIS GIC CONVENTIONAL DAN RMGIC PADA RESTORASI RESIN KOMPOSIT NANOFILLER DENGAN TEKNIK SANDWICH (Citra Feriana Putri, 2015)

GAMBARAN PENGGUNAAN BAHAN AMALGAM, RESIN KOMPOSIT DAN GLASS IONOMER CEMENT (GIC) DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNSYIAH PADA BULAN JULI – DESEMBER 2014 (Nur Shabrina, 2016)

PERBANDINGAN TINGKAT KEBOCORAN MIKRO ANTARA RESIN KOMPOSIT DAN GLASS IONOMER CEMENT (GIC) SEBAGAI BAHAN PENUTUPAN FISURA (Darma Jayadi, 2016)

PENGARUH LAMA APLIKASI HIDROGEN PEROKSIDA 30% TERHADAP MICROLEAKAGE RESIN KOMPOSIT MIKROHIBRID (Desty Rahayu Darwin, 2015)

PERBANDINGAN TINGKAT KEBOCORAN MIKRO ANTARA RESIN KOMPOSIT DAN GLASS IONOMER CEMENT SEBAGAI BAHAN PENUTUPAN FISURA (EVALUASI IN-VITRO SETELAH SATU BULAN APLIKASI BAHAN PENUTUPAN FISURA) (Eka Julianti, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy