//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI GAYA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 46 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yeni Mayasari - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
JIGSAW TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Model kooperatif tipe jigsaw, Hasil Belajar Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Gaya untuk Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa Kelas IV SDN 46 Banda Aceh”. Rumusan masalahnya apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi gaya dapat mencapai ketuntasan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi gaya dapat mencapai ketuntasan belajar siswa. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian ini penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat mencapai ketuntasan belajar siswa. Pada postest jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa (95%) dan 1 siswa (5%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 84,75, nilai tertinggi yang dicapai siswa 100 dan yang terendah 60. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji-t, diperoleh harga thitung = 14,64 sedangkan harga ttabel pada taraf nyata = 0,05 = 1,73. Hal ini membuktikan bahwa model kooperatif tipe jigsaw dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi gaya di kelas IV. Disarankan pada para guru untuk selalu menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan pada semua mata pelajaran.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SD NEGERI 69 DARUSSALAM BANDA ACEH (enni astriyani, 2013)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SD NEGERI LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (wirda hasanah, 2013)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI 18 BANDA ACEH (yoesoesi afdal, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI DI KELAS IV SDN 5 BANDA ACEH (siti murah, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR (NURLAILA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy