//

Pelaksanaan Tugas Kesehatan Keluarga pada Lansia yang Mengalami Diabetes Melitus di Wilayah Kerja Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh Tahun 2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang annadia jannatani - Personal Name
SubjectELDERLY
DIABETES MELLITUS - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 24 SEPTEMBER 2013 xiii + VI bab + 71 halaman + 9 tabel + 1 skema + 18 lampiran ANNADIA JANNATANI 0907101020077 PELAKSANAAN TUGAS KESEHATAN KELUARGA PADA LANSIA YANG MENGALAMI DIABETES MELITUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN 2013 ABSTRAK Tugas kesehatan keluarga pada lansia yang mengalami diabetes melitus adalah peran keluarga dalam memberikan penanganan yang bermanfaat untuk lansia antara lain mengenal masalah kesehatan lansia, membuat keputusan tindakan kesehatan yang tepat, merawat lansia, memodifikasi lingkungan keluarga serta memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada. Namun kenyataan menunjukkan masih banyak keluarga yang belum mampu menjalankan tugasnya di bidang kesehatan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan tugas kesehatan keluarga pada lansia yang mengalami diabetes melitus di wilayah kerja Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh. Jenis penelitian deskriptif eksploratif dengan populasinya adalah keluarga dengan lansia yang mengalami diabetes melitus di wilayah kerja Puskesmas Kuta Alam sebanyak 135 keluarga. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik purposive sampling dan responden sebanyak 63 keluarga dengan lansia yang mengalami diabetes melitus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan 85,7% keluarga mampu mengenal masalah, 69,8% keluarga kurang mampu mengambil keputusan kesehatan yang tepat, 81,0% keluarga mampu merawat lansia, 87,3% keluarga mampu memodifikasi lingkungan, dan 87,3% keluarga mampu memanfaatkan fasilitas kesehatan. Secara keseluruhan 77,8% keluarga yang mempunyai lansia yang mengalami diabetes melitus di wilayah kerja Puskesmas Kuta Alam telah mampu melaksanakan tugas kesehatan keluarga. Peneliti mengharapkan petugas kesehatan di puskesmas Kuta Alam Banda Aceh dapat membantu keluarga tetap mempertahankan dan meningkatkan kemampuan keluarga dalam melaksanakan tugas kesehatan keluarga pada lansia yang mengalami diabetes melitus. Kata Kunci : Tugas Kesehatan Keluarga, Lansia, Diabetes Melitus Daftar Bacaan : 22 buku + 6 artikel + 7 jurnal + 1 skripsi (1998-2013)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK MANIFESTASI KLINIS DIABETES MELLITUS PADA PASIEN USIA LANJUT (Muetia Nailan Edward, 2014)

HUBUNGAN LAMA MENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 TERHADAP PENURUNAN FUNGSI KOGNITIF PADA PASIEN LANJUT USIA (Syarifah Sulfira Mulia, 2016)

PERBANDINGAN PH SALIVA PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 TERKONTROL DAN TIDAK TERKONTROL (STUDI PADA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (NELFIA YUNANDA, 2017)

PENGARUH KONSELING TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PASIEN DIABETES MELLITUS (DM) TIPE 2 DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH TAHUN 2015 (RITA SURYA, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG DIABETES MELLITUS DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PADA LANSIA DI DESA LAMBHEU KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR TAHUN 2012 (PUPUT ANGGRAINI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy