//

PERKEMBANGAN ARSIP DAERAH DAN PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN ACEH TENGAH (1981-2015)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUSTAQIMAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Perkembangan, Arsip, Perpustakaan Penelitian yang berjudul “Perkembangan Arsip Daerah dan Perpustakaan Umum Kabupaten Aceh Tengah (1981-2015)” mengangkat masalah tentang perkembangan Arsip Daerah dan perpustakaan Umum dilihat dari segi fasilitas, koleksi, pemustaka juga faktor pendukung dan penghambat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan fasilitas, perkembangan koleksi, perkembangan pemustaka dan faktor pendukung dan faktor penghambat perkembangan Arsip Daerah dan Perpustakaan Umum Kabupaten Aceh Tengah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan metode penelitian sejarah. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perpustakaan Umum Kabupaten Aceh Tengah sejak awal berdiri 15 Oktober 1981 terus mengalami perkembangan terutama setelah dibangunnya gedung khusus untuk perpustakaan pada 4 Januari 1995. Perpustakaan semakin berkembang setelah bergabung dengan Arsip Daerah pada tahun 2002 dengan nama Arsip Daerah dan Perpustakaan Umum Kabupaten Aceh Tengah. Fasilitas lembaga ini terus bertambah setiap tahunnya terlebih lagi saat gedung sudah diperluas dan memiliki dua lantai. Koleksi di Arsip Daerah dan Perpustakaan Umum Kabupaten Aceh Tengah terus mengalami penambahan setiap tahunnya. Penambahan jumlah koleksi ini ditunjang dengan banyaknya mahasiswa yang membutuhkan jasa perpustakaan sebagai tempat mencari bahan kuliah. Dan adanya dokumen yang di diberikan oleh lembaga pemerintah untuk di arsipkan. Jumlah pemustaka dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan hal ini dikarenakan semakin banyaknya mahasiswa yang membutuhkan buku untuk referensi dan perpustakaan umum hanya ada satu. (2) Tersedianya anggaran dan dukungan pemerintah merupakan faktor pendukung perkembangan lembaga ini, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang tersedianya staf bagian IT dan kurangnya minat baca masyarakat. Dengan adanya penelitian ini disarankan kepada Arsip Daerah dan Perpustakaan Umum Kabupaten Aceh Tengah untuk menambah staf dibagian IT dan lebih mensosialisasikan pentingnya membaca kepada masyarakat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN KANTOR PERPUSTAKAAN UMUM DAN ARSIP DAERAH KABUPATEN PIDIE (Saifannur, 2014)

KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KOTA BANDA ACEH (Yuliani, 2013)

PERKEMBANGAN PERPUSTAKAAN DI KOTA BANDA ACEH, 1949-2014 (Nasruddin, 2015)

PENGARUH MOTIVASI KERJA, GAYA KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJATERHADAP KINERJAKARYAWAN SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA BADAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN ACEH (WIRDA AGUSTINA, 2015)

PERANCANGAN PERPUSTAKAAN HIBRIDA DI BANDA ACEH (Cut Dara Margfirah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy