//

WILLINGNESS TO PAY PENGUNJUNG TERHADAP SITUS PENINGGALAN TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS PLTD APUNG DAN MONUMEN KAPAL DI ATAS RUMAH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD MAHZAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Willingness To Pay Pengunjung terhadap Situs Peninggalan Tsunami di Kota Banda Aceh (Studi Kasus PLTD Apung dan Monumen Kapal di Atas Rumah, Lampulo) Nama : Muhammad Mahzar NIM : 1201101010113 Fakultas/Jurusan : Ekonomi & Bisnis/Ekonomi Pembangunan Konsentrasi : Ekonomi Perkotaan Pembimbing : Dr. T. Zulham SE, M.si Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kesediaan membayar pengunjung terhadap situs peninggalan tsunami di Kota Banda Aceh. Variabel bebas adalah Usia, Pendapatan, Tingkat Pendidikan, dan Kepuasan yang mana keempat variabel tersebut mempengaruhi variabel terikat, yaitu WTP. Sampel atau responden dalam penelitian ini berjumlah 100 sampel yang dipilih secara acak dengan menggunakan metode Accidental Sampling yang mana didapat dari 100 sampel tersebut bahwa rata-rata Willingness To Pay adalah sebesar 20174 atau setara dengan Rp 20.174. Penelitian ini menggunakan model OLS (Ordinary Least Square) dan diketahui bahwa pendapatan dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap WTP pengunjung situs peninggalan tsunami, namun untuk variabel kepuasan berpengaruh negatif terhadap variabel terikat WTP, yang disebabkan oleh tidak puas nya pengunjung atau responden yang datang dengan fasilitas yang tersedia, seperti fasilitas berteduh dan pepohonan. Variabel Usia juga berpengaruh negatif yang juga disebabkan oleh ketika usia bertambah keinginan berkunjung kurang, seperti diketahui pengunjung lebih didominasi oleh kawula muda dan anak anak. Untuk menarik wisatawan pemerintah terkait yang mengolola situs peninggalan tsunami di Kota Banda Aceh perlu memerhatikan segala bentuk cara dalam hal meningkatkan minat wisatawan terutama dari segi fasilitasnya, disebutkan bahwa wisatawan yang datang bukan hanya domestik saja namun mancanegara juga. Kata Kunci : Willingness to pay, Situs Peninggalan Tsunami, OLS, Pengunjung

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MITIGASI BENCANA TSUNAMI MELALUI PARIWISATA (STUDI KASUS DI SITUS TSUNAMI KAPAL PLTD APUNG BANDA ACEH) (Muhammad Bilal Habibie, 2018)

DAMPAK KUNJUNGAN WISATAWAN TERHADAP MASYARAKAT LAMPULO BANDA ACEH (WIDYA MAULINA, 2018)

PERAN BALAI PELESTARIAN CAGAR BUDAYA (BPCB) ACEH DALAM PELESTARIAN SITUS-SITUS BERSEJARAH DI KOTA BANDA ACEH (1990-2015) (Oga Umar Dhani, 2017)

ANALISIS MANFAAT EKONOMI OBJEK WISATA PLTD APUNG KOTA BANDA ACEH (MUHAMMAD FARHAN, 2017)

PERAMALAN JUMLAH PENGUNJUNG MUSEUM NEGERI ACEH MENGGUNAKAN METODE DEKOMPOSISI (Sukmi Astuti, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy