//

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA PERKULIAHAN ZOOLOGI INVERTEBRATA DI UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang azwir - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
COLLEGE STUDENT
INVERTEBRATES - ZOOLOGY
STUDY SKILLS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Azwir, 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Peningkatan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Perkuliahan Zoologi Invertebrata di Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh. Pembimbing I, Dr. Abdullah, M. Si. Pembimbing II, Prof. Dr. M. Ali S, M. Si. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan peningkatan hasil belajar dan hubungan dengan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada perkuliahan Zoologi Invertebrata di Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Tahun Ajaran 2013/2014 berjumlah 52 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 52 mahasiswa yang terdiri dari 26 mahasiswa kelas Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dan 26 mahasiswa kelas konvensional. Analisis data eksperimen untuk mengukur hasil belajar mahasiswa dengan uji-t (Independent Sample t-test) dan keterampilan berpikir kritis menggunakan analisis deskripsi persentase, menggunakan program statistic software computer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan nilai rata-rata N-gain untuk kelas Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) adalah 60,64 (sedang) dan kelas konvensional adalah 48,72 (sedang). Hasil uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 4,61 dan ttabel 2,009 sehingga t-hitung > t-tabel. Hasil penyebaran angket tentang keterampilan berpikir kritis mahasiswa diperoleh nilai rata-rata 95% (kategori sangat baik). Kesimpulan diperoleh bahwa terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan hasil belajar dan hubungan yang rendah dengan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada perkuliahan Zoologi Invertebrata di Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh. Kata Kunci: Model pembelajaran berbasis masalah, keterampilan berpikir kritis, dan Zoologi Invertebrata.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA)PADA PERKULIAHAN BOTANI TUMBUHAN RENDAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF (MULYADI, 2014)

PENERAPAN MODUL BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARDAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (SUWIDAH, 2019)

PERKEMBANGAN UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH, 1985-2015 (Muhammad Chaidir , 2016)

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PERKULIAHAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN KEPENDUDUKAN (SAFRYADI A., 2014)

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP BERPIKIR KRITIS, HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA SMAN 1 SAKTI KABUPATEN PIDIE PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA (CUT NISNA JUWITA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy